Queena Alexandria Putri Kemala, peserta IIMC 2021 dari Indonesia menyapa rekan-rekannya. | youtube

Nasional

Soal Kompetisi Matematika Internasional Dikerjakan di Rumah

Peserta kompetisi matematika IIMC 2021 merupakan siswa terbaik dari asal mereka masing-masing.

JAKARTA—Sebanyak 588 peserta mengikuti Indonesia International Mathematics Competition (IIMC) 2021. Olimpiade yang diselenggarakan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) ini diikuti peserta dari 30 negara yang tersebar di lima benua untuk tingkat SD dan SMP.

Kepala Diklat dan Lomba KPM, Herman Hadiwijaya menuturkan, pelaksanaan IIMC dilakukan secara daring. Namun, ada beberapa negara yang sudah bisa menggelar secara luring di tempat tertentu.

"Pelaksanaan dilaksanakan secara online. Namun, di beberapa negara yang sudah tidak ada kendala dalam masalah kesehatan itu bisa dilakukan secara offline dalam satu ruangan. Namun hampir keseluruhan peserta itu banyak yang masih dilaksanakan di rumah masing-masing," kata Herman Hadiwijaya, kepada Republika, Kamis (29/7).

Pengerjaan soal olimpiade dilakukan secara tertulis. Soal nantinya akan diberikan kepada koordinator tiap negara setelah dipindai (scan). Para koordinator yang disebut team leader ini kemudian mengumpulkan jawaban dari tiap peserta di negaranya masing-masing. Setelah pengerjaan secara individu, dilanjutkan dengan olimpiade secara tim.

Pada sesi ini, masing-masing tim mengerjakan soal nomor 1-8 sesuai pembagian selama 30 menit. Setelah itu, selanjutnya masuk ke tahapan diskusi yakni soal nomor 9-10.

"Itu dikerjakan secara bersama-sama, diskusi. Jadi ada permainan strategi di sini. Siapa yang menjawab, siapa yang menuliskan. Siapa yang mengirimkan. Itu tergantung timnya masing-masing strateginya seperti apa," kata dia.

Setelah selesai, dewan juri akan melakukan proses mengoreksi jawaban dari para peserta hingga esok pagi. Selanjutnya, Herman menjelaskan akan ada tahapan moderasi, yakni saat perwakilan dari tiap negara mencocokkan hasil koreksi mereka dengan koreksi dewan juri.

"Setiap negara memperjuangkan pesertanya, apakah bisa mendapatkan juara atau tidak. Mencocokkan jawaban istilahnya," kata Herman menambahkan.

Beberapa negara yang mengikuti kompetisi ini antara lain adalah Afrika Selatan, Australia, Bangladesh, Bolivia, Botswana, Bulgaria, Cina, Ghana, Hong Kong, India, Iran, Korea Selatan, Makau, Malaysia, Meksiko, Filipina, dan tentunya Indonesia. Untuk Indonesia, peserta yang mengikuti olimpiade ini sebelumnya merupakan siswa yang lolos Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Setelah menjadi juara KSN, maka mereka dikirimkan ke perlombaan ini. "Artinya adalah siswa-siswa terbaik di seluruh dunia," kata dia.

Sementara untuk peserta dari negara lain, merupakan siswa terbaik dari asal mereka masing-masing. Setelah para peserta ini dipilih, dilakukan pembinaan khusus sebelum akhirnya melaksanakan lomba.

Pengumuman kemenangan akan dilaksanakan pada 1 Agustus 2021 bersamaan dengan pentas kebudayaan dari berbagai dunia. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai pukul 19.00 WIB dan dilakukan secara daring.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat