Lionel Messi | EFE

Olahraga

Menanti Kepastian Messi

Barcelona berusaha keras agar Messi tak hengkang dari Camp Nou.

BARCELONA -- Barcelona mungkin satu-satunya klub di La Liga yang menghadapi persoalan rumit menjelang musim baru bergulir. Mereka dihadapkan sejumlah persoalan dari keinginan manajemen klub untuk mempertahankan Lionel Messi. Sebab, Barcelona tak punya cukup uang untuk membayar gaji besar Messi dan pengeluaran gaji pemain yang membengkak di tengah pandemi Covid-19.

Barcelona juga harus memikirkan aturan Financial Fair Play (FFP). Pendapatan meraka musim lalu menurun drastis sehingga dikabarkan harus menurunkan anggaran gaji pemain hingga 300 juta euro musim ini. Situasi yang membuat Barcelona mengalami dilema antara mempertahankan Messi atau melepas beberapa pemain bintangnya.

Barcelona berusaha keras agar Messi tak hengkang dari Camp Nou. Pemain internasional Argentina tersebut kini berstatus sebagai pemain gratis setelah kontraknya berakhir pada 30 Juni lalu. Godaan dari klub lain pun berdatangan kepada Messi. Namun, Barcelona tetap yakin Messi akan bertahan.

Ada beberapa strategi yang coba Barcelona lakukan agar Messi bertahan dan tak melanggar aturan FFP, yaitu menjual beberapa pemain bintangnya guna mengurangi beban anggaran gaji atau membujuk Messi bersedia mengurangi permintaan gajinya.

Dalam kontrak lamanya, Messi mendapatkan gaji sekira 555 juta euro selama empat tahun. Jika angka tersebut tetap diterima Messi sebagai syarat dia bertahan, jelas klub harus menjual beberapa pemain bintangnya. Antoine Griezmann salah satu pemain yang santer dikabarkan akan menjadi tumbal. Klub sudah mencari calon pembeli pemain internasional Prancis tersebut.

 
Antoine Griezmann salah satu pemain yang santer dikabarkan akan menjadi tumbal.
 
 

Namun, kabar terbaru dilansir dari Eurosport, Kamis (15/7), Messi dilaporkan menyetujui gajinya dipotong 50 persen agar tetap bertahan di Barcelona. Dalam negosiasi yang sedang berlangsung, Messi diduga tak terlalu mempermasalahkan pemotongan gaji, tetapi masalah administrasi pajak.

Kedua belah pihak perlu menemukan kesepakatan mengenai permasalahan tersebut.  Jika Messi bertahan dengan pemotongan gaji, Barcelona bisa bernapas lega. Di samping keberhasilan mempertahankan Messi, klub juga dapat mengurangi beban gaji.

Pemberitaan di Spanyol mengeklaim, Messi memahami masalah keuangan yang dialami Barcelona sehingga menyetujui pemotongan gaji hingga 50 persen. La Pulga dilaporkan akan menandatangani kontrak baru selama lima tahun dan pengumuman resmi akan dilakukan beberapa hari mendatang. Klausul rilis terbarunya akan ditetapkan pada kisaran 350 juta euro.

Meski demikian, Barcelona tetap harus menjual beberapa pemain bintangnya. Antoine Griezmann, Samuel Umtiti, dan Miralem Pjanic merupakan tiga pemain masuk daftar jual Barcelona guna memangkas anggaran gaji agar terhindar dari pelanggaran FFP.

Presiden La Liga Javier Tebas terus memantau persoalan yang dihadapi Barcelona dan Messi. La Liga, kata dia, punya tanggung jawab mengontorol situasi ekonomi seluruh klub. Ia menegaskan, harus menjaga integritas La Liga dan hak klub untuk menjaga keuangannya tetap stabil. Menurut Tebas, ia tak akan tutup mata soal Messi.

Secara statistik pribadi, Messi tampil mengesankan bersama Barcelona musim lalu meski hanya mempersembahkan satu trofi, yaitu Copa del Rey. Pemain 34 tahun tersebut mencetak 30 gol dalam 35 pertandingan La Liga musim lalu sekaligus mencatatkan namanya sebagai top skorer. Keberhasilan Messi menjuarai Copa America bersama Argentina diduga akan menambah semangatnya musim depan.

Banyak yang tak ingin ikon Barcelona itu hengkang, termasuk Presiden Joan Laporta yang menjanjikan Messi bertahan sebagai salah satu programnya dalam kampanye pemilihan presiden klub beberapa bulan lalu.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat