Warga berunjuk rasa di Sao Paulo pada 29 mei 2021 memrotes kebijakan penanganan Covid-19 oleh Presiden Brazil Jair Bolsonaro | EPA-EFE/Fernando Bizerra

Internasional

54 Persen Warga Dukung Pemakzulan Bolsonaro

Bolsonaro dituduh terlibat skema penggelapan gaji pembantunya saat menjadi wakil federal.

BRASILIA – Untuk pertama kalinya, dukungan rakyat untuk Presiden Jair Bolsonaro anjlok. Berdasarkan hasil jajak pendapat yang dirilis pada Sabtu (10/7), 54 persen warga Brasil mendukung pemakzulan Bolsonaro.

Jajak pendapat dilakukan ketika Bolsonaro menghadapi tuduhan korupsi dalam pengadaan vaksin virus korona. Tekanan terhadapnya meningkat atas penanganannya terhadap krisis. Menurut data Universitas Johns Hopkins, lebih dari 532 ribu orang di Brasil meninggal dunia akibat Covid-19.

Survei Datafolha menunjukkan 54 persen orang Brasil mendukung langkah yang diusulkan oleh majelis rendah Brasil untuk membuka proses pemakzulan terhadap Bolsonaro. Sementara 42 persen menentang pemakzulan.

Ribuan orang menggelar aksi protes di seluruh Brasil pada akhir pekan lalu untuk menuntut pengunduran diri Bolsonaro. Bolsonaro telah menghadapi tekanan publik selama beberapa bulan terakhir, termasuk beberapa protes besar dan penyelidikan Senat.

photo
Warga berunjuk rasa di Sao Paulo pada 29 mei 2021 memrotes kebijakan penanganan Covid-19 oleh Presiden Brazil Jair Bolsonaro. - (EPA-EFE/Fernando Bizerra)

Di tengah krisis pandemi virus korona, Bolsonaro menghadapi dugaan korupsi dalam proses pengadaan vaksin virus korona. Bulan lalu, penyelidik federal mengumumkan bahwa mereka telah membuka penyelidikan terhadap kontrak pemerintah senilai 1,6 miliar real atau 320 juta dolar AS untuk 20 juta dosis vaksin Covid-19 yang dibuat oleh Bharat Biotech, Covaxin, India.

Kantor kejaksaan Brasil mengatakan, harga yang relatif tinggi, pembicaraan cepat dan persetujuan peraturan yang tertunda merupakan tanda bahaya untuk kontrak Bharat yang ditandatangani pada Februari. Kontrak dilakukan sebelum kesepakatan serupa dengan Pfizer, dan Johnson & Johnson.

Bolsonaro dituding telah gagal mengambil tindakan setelah mengetahui tentang skema korupsi raksasa di Kementerian Kesehatan. Namun, saat diwawancarai sebuah radio pada Sabtu, Bolsonaro mengatakan, dia telah mengambil tindakan tentang kesepakatan Covaxin. Tetapi Bolsonaro tidak menjelaskan lebih lanjut.

photo
Presiden Brasil Jair Bolsoanro menyapa pendukung dalam acara parade sepeda motor di Rio de Janeiro, Ahad (23/5/2021). - (AP/Bruna Prado)

"Saya bertemu dengan 100 orang per bulan tentang topik yang amat beragam, yang tak bisa dibayangkan,” kata Bolsonaro kepada Radio Gaucha di Brasil. "Saya mengambil tindakan dalam kasus ini," ujarnya.

Pekan lalu, Bolsonaro dituduh terlibat dalam skema untuk menggelapkan gaji para pembantunya saat menjadi wakil federal. Dalam rekaman audio mantan ipar Bolsonaro, dia menjelaskan perannya dalam dugaan pemerasan. Situs web Brasil, UOL, melaporkan, Bolsonaro diduga melibatkan perekrutan rekan dekat sebagai karyawan dan kemudian menerima potongan gaji publik dari mereka. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat