Solusi nGage dari Tlkomsel untuk segmen korporasi. | Dok Telkomsel

Inovasi

Solusi Baru Tingkatkan Pengalaman dengan Pelanggan

Perusahan perlu menghadirkan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi para pelanggan ketika berkomunikasi.

Di era digital, banyak perusahaan yang menjadikan transformasi digital sebagai salah satu agenda penting pengembangkan perusahaan. Untuk itu, berbagai infrastruktur digital pun dipersiapkan. 

Salah satunya, adalah membangun cara agar perusahaan dapat meningkatkan customer experienced yang makin baik. Pada Kamis (24/6), Telkomsel menghadirkan inovasi terbaru di bidang Communication Platform as a Service (CPaaS) dengan memperkenalkan Telkomsel nGage. 

Solusi Telkomsel nGage dapat membantu korporasi dalam meningkatkan pengalaman berinteraksi dengan setiap pemangku kepentingan. Solusi ini memungkinkan integrasi terbarukan antara platform komunikasi dengan software atau aplikasi perusahaan. 

Kehadiran Telkomsel nGage menjadi bagian dari komitmen Telkomsel untuk memperluas portofolio layanan digital. Terutama dalam memperkuat transformasi digital dalam operasional bisnis segmen pelanggan korporasi di Indonesia.

SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir menjelaskan, Telkomsel nGage mengusung empat keunggulan utama, yaitu/simplicity, agility, engagement, dan flexibility. “Keunggulan yang ditawarkan tersebut diharapkan mampu mendukung perusahaan dalam mendorong produktivitas dan efektivitas operasionalnya, khususnya dalam memperkuat komunikasi berbasis digital.” ujar Dharma. 

Menurutnya, hadirnya solusi nGage, adalah demi memaksimalkan adaptasi dengan kebiasaan baru di tengah masa yang penuh tantangan seperti saat ini. Telkomsel nGage merupakan bagian dari layanan Telkomsel Enterprise, unit usaha Telkomsel yang menyediakan solusi bisnis komprehensif untuk segmen perusahaan, pemerintahan, hingga UMKM. 

Dalam mengembangkan nGage, Telkomsel berkolaborasi dengan Bridge Alliance yang telah berpengalaman di bidang pengembangan machine-to-machine (M2M), enterprise mobility, dan Internet of Things (IoT). 

Melalui kolaborasi ini, ditambah dengan optimalisasi keunggulan sumber daya aset digital Telkomsel, Telkomsel nGage dapat menjadi solusi CPaaS yang mampu menjawab kebutuhan korporasi di berbagai industri.

Pada penerapannya, Telkomsel nGage juga memberikan kemudahan lebih bagi pengguna untuk menambahkan fungsi komunikasi real-time. Mulai dari. telepon, SMS, aplikasi pesan instan, jejaring sosial, hingga konten video, ke dalam aplikasi mereka melalui pemrograman aplikasi antarmuka atau API (Application Programming Interface) yang memungkinkan produk atau layanan lain dapat saling terhubung. 

photo
Solusi nGage dari Telkomsel. - (Dok Telkomsel )

SVP Business Development Gojek Reggy Susanto menjelaskan, sebagai platform on-demand, Gojek berkomitmen membuat keseharian pelanggan lebih mudah dengan menghadirkan solusi atas masalah sehari-hari melalui berbagai inovasi dan pemanfaatan teknologi.

“Gojek telah menjalankan berbagai inisiatif #AmanBersamaGojek yang sukses memperkuat keamanan pengguna saat mengakses berbagai layanan di aplikasi Gojek,” ujarnya. 

Menurut Reggy, Gojek menyambut baik dukungan dari Telkomsel melalui solusi Telkomsel nGage yang menyediakan Number Masking atau fitur penyamaran nomor telepon. Fitur ini menjadi bagian penting untuk menambah keamanan data pribadi pengguna dan melengkapi keberadaan fitur InApp Chat sebagai saluran komunikasi yang aman dan andal, dalam menghubungkan mitra driver dan pelanggan.

Telkomsel nGage memberikan fleksibilitas komunikasi melalui berbagai platform digital, seraya tetap mengedepankan keamanan data untuk memberikan rasa aman bagi para pelanggan korporasi dan seluruh pemangku kepentingan di dalamnya. Pada peluncurannya kali ini, Telkomsel nGage memperkenalkan tiga fitur utama, yaitu Number Masking, Video API, dan Two-Factor Authentication.

Number Masking merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi interaktif antara pelanggan dengan karyawan atau agen tanpa memperlihatkan nomor telepon pribadi kedua belah pihak. Dalam pengaplikasiannya di platform Gojek, fitur ini juga berfungsi menjaga privasi serta keamanan data berupa nomor telepon pribadi para pengguna, baik mitra driver maupun pelanggan. 

Dengan demikian, dalam proses pemesanan layanan Gojek, para pengguna dapat berkomunikasi tanpa harus memperlihatkan nomor telepon pribadi. Hal ini dapat meminimalisir risiko penyalahgunaan nomor telepon yang dapat merugikan berbagai pihak.

Kemudian, ada pula Video API yang merupakan layanan yang akan membantu pengguna untuk menyematkan aplikasi komunikasi berbasis video ke dalam workflow atau tools yang dimilikinya. 

Lalu, Two-Factor Authentication adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menerapkan lapisan keamanan tambahan bagi pelanggan mereka dalam menggunakan situs web atau aplikasi dengan aman. Baik pada saat mendaftarkan akun, autentikasi saat log in, maupun melakukan transaksi.

 
Telkomsel nGage merupakan bagian dari layanan Telkomsel Enterprise, yang menyediakan solusi bisnis komprehensif untuk segmen perusahaan, pemerintahan, hingga UMKM. 
DHARMA SIMORANGKIR, SVP Enterprise Account Management Telkomsel.
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat