Pemain Celsea Ngolo Kante menyundul bola dalam sebuah pertandingan. | AP

Olahraga

Tanding Seru Chelsea Versus Manchester City

Chelsea dan Man City berambisi saling mengalahkan di final Liga Champions.

PORTO — Manchester City punya ambisi besar mengukir rekor meraih gelar juara Liga Champions untuk pertama kalinya pada musim ini. Adapun Chelsea bertekad mengakhiri musim dengan sebuah trofi sekaligus menambahkan koleksi gelar Liga Champions yang kedua di lemari klub.

Chelsea dan Man City akan berhadapan di final Liga Champions di Stadion Dragau, Porto, Portugal, Ahad (30/5) dini hari WIB. Partai final tersebut menjadi pertarungan terakhir bagi kedua tim dalam mengarungi rangkaian kompetisi musim ini. Dan, Kota Porto akan menjadi saksi siapa yang terbaik di daratan Eropa.

Chelsea punya pengalaman lebih dibandingkan Man City di Liga Champions. The Blues sudah dua kali tampil di final. Pertama pada musim 2007/2008 saat dikalahkan Manchester United. Klub asal London itu kembali masuk final pada musim 2011/2012 dan keluar sebagai juara seusai mengalahkan Bayern Muenchen.

Karena itu, Chelsea sudah paham bagaimana atmosfer berlaga di partai final, walaupun keadaan saat ini sangat berbeda akibat pandemi Covid-19. Namun, yang pasti the Blues lebih berpengalaman menghadapi berbagai tekanan di laga superpenting ini.

Chelsea juga punya keunggulan lain dari Man City, yaitu dua kali mengalahkan pasukan Pep Guardiola dalam enam pekan terakhir. Kehadiran Thomas Tuchel sebagai pelatih Chelsea rupanya menyulitkan skuad the Citizens untuk menjungkalkannya.

Meski Chelsea unggul dalam catatan pengalaman, tetap banyak orang yang menilai peluang Man City menjuarai Liga Champions juga besar. Hal tersebut berdasarkan permainan the Citizens yang konsisten bagus di liga domestik dan Eropa. Selain itu, kualitas pemain Manchester Biru juga nomor wahid. Belum lagi dengan Guardiola yang juga berpengalaman di final Liga Champions bersama Barcelona.

Guardiola memuji pendekatan taktis yang dilakukan Tuchel kepada Chelsea. Menurut dia, Chelsea menjelma menjadi tim bagus berkat tiga bek tengah yang tangguh. Lalu dua gelandang bertahan Chelsea bergerak dengan jarak dekat. Striker Chelsea dengan pemain sayapnya juga bergerak berdekatan.

“Jaraknya sangat dekat dan pada saat yang sama begitu lebar dengan sayap belakang. Mereka sangat bagus dengan bola di belakang,” kata Guardiola dilansir dari Metro, Jumat (28/5).

Guardiola menambahkan, Tuchel memiliki pengaruh besar pada skuad Chelsea. Mantan juru taktik Bayern Muenchen ini mengeklaim tahu cara Tuchel menangani sebuah tim saat masih di Bundesliga Jerman. "Borussia Dortmund saat itu meningkat secara mental saat dilatih Tuchel," ujarnya.

Penyerang Man City Raheem Sterling mengakui, Chelsea merupakan tim kuat yang diisi pemain bagus secara fisik. Kendati demikian, ia cukup percaya diri menatap final Liga Champions meski sebelumnya timnya sudah dua kali kalah dari the Blues.

Adapun pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, menerima kabar baik mengenai perkembangan cedera dua pemainnya jelang pertandingan final, yaitu N’Golo Kante dan Edouard Mendy. Ia mengungkapkan, keduanya sudah mulai berlatih.

Kante absen dalam beberapa pertandingan karena cedera hamstring. Adapun Mendy mengalami cedera tulang rusuk pada laga terakhir Liga Primer Inggris melawan Aston Villa. Tuchel senang karena keduanya dapat didaftarkan ke dalam skuad Chelsea untuk final Liga Champions.

“N'Golo terlihat bagus dan saya berharap dia tetap seperti itu untuk Sabtu. Edou membuat peningkatan besar dan itu bagus. Kami berharap dia kembali. Jika fit, Edou akan bermain,” kata Tuchel dikutip dari Sportslens.

Kante merupakan gelandang cepat, kuat secara fisik, dan mempunyai daya jelajah tinggi. Ia salah satu pilar Tuchel di lini tengah. Adapun Mendy adalah kiper utama Chelsea sejak kedatangannya dari Stade Rennais, September tahun lalu. Ia melakukan sejumlah penyelamatan di beberapa pertandingan penting Chelsea.

 

Fakta Jelang Laga Man City Vs Chelsea

- Final Liga Champions tahun ini adalah yang pertama bagi Manchester City di sepanjang sejarah klub.

- Manchester City menang dalam tujuh pertandingan terakhir di Liga Champions.

- Ini final ketiga Chelsea. The Blues pernah juara Liga Champions 2011/2012, setelah kalah di final 2007/2008 vs Man United.

- Chelsea tak terkalahkan dalam 11 dari 12 pertandingan terakhir di Liga Champions.

- Chelsea menang dua kali atas Man City dalam enam pekan terakhir.

- Pelatih City Pep Guardiola tujuh kali vs pelatih Chelsea Thomas Tuchel. Menang empat kali, kalah dua kali, dan imbang sekali.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat