Relawan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membantu warga membayar zakat fitrah secara daring di tenda zakat di Malang, Jawa Timur, Selasa (4/5/2021). Baznas setempat membuka tenda zakat di berbagai titik keramaian untuk menerima pembayaran zakat fitrah s | ARI BOWO SUCIPTO/ANTARA FOTO

Khazanah

Baznas Kembali Raih Penghargaan Internasional

Baznas berupaya meningkatkan pelayanan zakat.

JAKARTA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali meraih penghargaan berskala internasional. Kali ini Baznas meraih dua penghargaan pada kategori Global Good Governance (3G) Humanitarian Award dan 3G SDGs Champion Award 2021.

Penghargaan dari Cambridge International Financial Advisory (IFA) itu diberikan untuk lembaga yang memiliki tata kelola baik dan berkomitmen pada kesejahteraan sosial.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Cambridge IFA atas kehormatan ini. Meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, Baznas terus berusaha untuk menyejahterakan masyarakat melalui berbagai program," kata Wakil Ketua Baznas Mo Mahdum dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (25/5).

Penghargaan tersebut diserahkan melalui sebuah acara penganugerahan yang disiarkan langsung dari London melalui format daring serta disiarkan melalui kanal Facebook dan Youtube Cambridge IFA, Selasa (25/5).

Pada kategori 3G Humanitarian Award 2021, Baznas memenangkan penghargaan kemanusiaan melalui program-program yang berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat kurang mampu serta telah menginspirasi orang lain dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara untuk kategori 3G SDGs Champion Award 2021, Baznas memenangkan kategori Sustainable Development Goals (SDGs) untuk berbagai prestasi yang ditorehkan terkait tujuan pembangunan global yang berkelanjutan (SDGs) tersebut.

"Kami akan terus melanjutkan upaya terbaik kami dalam meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang kurang beruntung (mustahik) di Indonesia," kata dia.

Pada kesempatan itu, Mo Mahdum juga menyampaikan terima kasih kepada para pimpinan Baznas, jajaran direksi, dan seluruh amil serta amilat Baznas yang telah bekerja keras sehingga Baznas mampu mempertahankan penghargaan 3G SDGs Champion Award selama tiga tahun berturut-turut. Sementara untuk 3G Humanitarian Award, kata Mo Mahdum, ini merupakan pertama kali Baznas meraih penghargaan tersebut.

“Kami juga mengapresiasi para muzaki yang telah memercayakan amanahnya ke Baznas sehingga memotivasi kami untuk memberikan yang terbaik bagi mustahik," katanya.

Dua penghargaan ini, dia melanjutkan, merupakan apresiasi bagi seluruh Baznas dan lembaga amil zakat (LAZ) di seluruh Indonesia yang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan hidup orang-orang kurang beruntung melalui pengelolaan zakat, infak, sedekah (ZIS), dan dana sosial keagamaan lainnya.

Menurut dia, kontribusi zakat dalam upaya pengentasan kemiskinan dan  pemberdayaan umat sangatlah besar. Karena itu, ia berharap penghargaan ini mampu memacu semangat Baznas dalam menjalankan program-programnya.

“Sehingga mewujudkan Baznas yang kuat dan modern dan semoga syiar zakat ini semakin meluas hingga masyarakat dunia,” kata Mo Mahdum.

Dalam lima tahun terakhir, sederet penghargaan, baik skala nasional maupun internasional, telah berhasil diraih Baznas. Pada 2020, Baznas memperoleh penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas kontribusinya dalam penanggulangan bencana.

Pada tahun yang sama, Baznas meraih penghargaan Global Good Governance SDGs Champion Award 2020 dari Cambridge IFA, juga dinobatkan sebagai lembaga zakat dengan fundraising digital terbaik di program Indonesia Fundraising Award 2020.

Pada April 2021, Baznas juga meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang TOP CSR Awards 2021.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat