Personil kepolisian melaksankan apel kesiagaan di Pos Penjagaan, Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (12/5/2021). Polda Metro Jaya menerjunkan sebanyak ribuan personel untuk mencegah kerumunan pelaksanaan takbir keliling. | RENO ESNIR/ANTARA FOTO

Nasional

Malam Takbiran Diklaim Aman

Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya menerjunkan sebanyak 1.024 personel gabungan untuk mengamankan malam takbiran.

BANDUNG- Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan kondisi malam takbiran di seluruh wilayah di Jawa Barat dalam keadaan yang aman terkendali. Ia menilai masyarakat telah mengetahui larangan kegiatan takbiran sehingga kondisi sejumlah ruas jalan dalam kondisi yang lengang.

"Saya pantau dari mulai abis Isya tadi sampai dengan sekarang relatif di jalan juga sangat lengang sekali, jadi artinya hampir tidak ada mereka yang melaksanakan takbir keliling. Jadi mudah-mudahan sampai jam setengah 10 hingga tengah malam nanti suasananya tetap aman terkendali," ujarnya di Mapolrestabes Bandung, Rabu (12/5).

Ia menuturkan, pihaknya sudah menyosialisasikan kepada masyarakat tentang larangan melaksanakan kegiatan takbiran. Masyarakat dapat melaksanakan takbiran di masjid, musala atau rumah masing-masing.

"Kita harapkan sama-sama ikuti anjuran daripada pemerintah, dan mudah-mudahan tetap kondusif sampai dengan besok salat Idul Fitri," katanya.

Kapolda Jawa Barat menambahkan, kondisi arus lalu lintas di wilayah Pantura saat ini relatif lengang dibandingkan dengan dua hari lalu. Namun, masih ditemukan pengendara yang ingin melaksanakan mudik terjaring di pos penyekatan.

photo
Personil kepolisian bersiaga di Pos Penjagaan, Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (12/5/2021). Polda Metro Jaya menerjunkan sebanyak ribuan personel untuk mencegah kerumunan pelaksanaan takbir keliling. - (RENO ESNIR/ANTARA FOTO)

"Jadi mungkin tadi malam yang masih ada keinginan dari para pemudik, tapi kita tetap di pos penyekatan utama, baik itu di Karawang Barat, di Patokbeusi Subang, kemudian di Indramayu dan sampai ke Cirebon, jadi penyekatan-penyekatan itu sangat ketat sekali di sana ya," katanya.

Terkait dengan adanya pemudik yang lolos di pos penyekatan di Bogor, Kapolda Jabar mengaku belum mendapatkan laporan namun, ia memastikan apabila pemudik lolos di satu penyekatan masih terdapat penyekatan lainnya.

"Yang di Bogor saya belum monitor, tapi begini, kalau ada satu penyekatan yang lolos, di berikutnya itu penyekatan di masing-masing kabupaten kota kan ada, gitu ya," katanya.

Ia menegaskan penyekatan dilakukan berlapis-lapis seperti di wilayah Karawang. "Jadi tetap sangat berlapis penyekatan itu, jadi seperti saya sampaikan sebelumnya di Karawang bisa jalan, kalau disitu stuck, ada dua arah terrutup semua, mau tidak mau kita rekayasa, sebagian kita loloskan, tapi nanti disekat diputarbalik juga, seperti itu," ungkapnya.

photo
Personel TNI mengikuti apel kesiapan pengamanan Idul Fitri 1442 H di Timika, Papua, Rabu (12/5/2021). Sebanyak 500 personel TNI/Polri di Mimika dilibatkan dalam pengamanan yang diperketat di tengah ketegangan ancaman kelompok kriminal bersenjata yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai organisasi teroris. - (SEVIANTO APKIDING/ANTARA FOTO)

 

Sementara Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya menerjunkan sebanyak 1.024 personel gabungan untuk mengamankan dan mencegah terjadinya kerumunan saat malam takbiran Idul Fitri 1442 H. Para personel itu akan disiagakan di seluruh wilayah DKI Jakarta.  "Terdapat 1.024 personel yang terbagi di 20 titik pengamanan," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Mapolda Metro Jaya, Rabu (12/5).

Fadil menjelaskan ada dua mekanisme pengamanan yang akan dilakukan. Pertama, jelas dia, personel TNI-Polri akan melakukan pola pengamanan filterisasi terhadap kendaraan yang melintas mulai pukul 18.00-22.00 WIB. 

"Dimana apabila kita menemukan kendaraan  yang hendak melaksanakan takbir keliling diberikan pengarahan, diberikan edukasi, dan diarahkan untuk kembali ke rumah masing-masing," ujarnya. 

"Penuh sikap persuasif dan sikap humanis. Tidak boleh tindakan-tindakn yang dapat melukai perasaan masyarakat," tambah Fadil. 

Strategi kedua, sambung Fadil, pihaknya akan menerapkan konsep crow free night. Hal ini mulai dilaksanakan pukul 22.00 WIB. 

"Semua yang tidak ada kepentingan di jalan dan tidak dapat menunjukan alasan yang tepat dan dapat timbulkan kerumunan, maka langsung dintindak untuk kembali ke rumah masing-masing," jelas dia.

Lebih lanjut Fadil menuturkan, keesokan harinya Polda Metro Jaya juga akan melakukan pengamanan terhadap pelaksanaan salat Idul Fitri atau Id. Pengamanan itu dilaksanakan di 2.922 masjid dan 16 lapangan yang melibatkan 11.281 personel gabungan TNI-Polri.  "Semua ini bertujuan untuk menjaga kita untuk merayakan hari raya Idul Fitri, namun tetap sehat walafiat," tutur dia. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat