Ilustrasi pemain Chelsea sedang membawa bola. | EPA-EFE/Jose Manuel Vidal

Olahraga

Aroma Dendam Arsenal Versus Chelsea

Chelsea saat ini bergabung dalam perburuan posisi empat besar.

LONDON -- Chelsea bertekad membalas dendam atas kekalahan mereka dari Arsenal awal musim ini di Liga Primer Inggris. Oleh karena itu, derbi London antara the Blues dan the Gunners di Stamford Bridge, Kamis (13/5) dini hari WIB, bakal diwarnai aroma dendam.

Chelsea dikalahkan 1-3 pada 27 Desember 2020 silam. Saat itu, Alexandre Lacazette, Granit Xhaka, dan Bukayo Saka sempat membuat Arsenal unggul 3-0, sebelum Tammy Abraham memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3.

Arsenal harus hati-hati dengan misi Chelsea tersebut. Meski tampil dengan skuad yang sama, Timo Werner cs bakal dipimpin oleh pelatih berbeda dari pertemuan pertama. Saat itu, Chelsea masih dilatih Frank Lampard yang dipecat sebulan kemudian. Posisi Lampard tersebut pun digantikan oleh Thomas Tuchel yang bikin Chelsea kembali bangkit.

Chelsea saat ini bergabung dalam perburuan posisi empat besar, setelah mengalahkan Manchester City 2-1, akhir pekan lalu. Bukan itu saja, N'Golo Kante dan kolega juga lolos ke final Liga Champions usai menyingkirkan Real Madrid di semifinal.

The Blues saat ini menempati peringkat tiga klasemen dan butuh empat poin lagi untuk memastikan tempat di Liga Champions musim ini guna berjaga-jaga jika dikalahkan City pada final Liga Champions. Di bawah kepelatihan Tuchel, Chelsea juga sudah dinanti Leicester City di final Piala FA, akhir pekan ini.

Namun, kemenangan dalam derbi paling tidak bisa memantapkan Chelsea di empat besar Liga Inggris. Oleh karena itu, Tuchel minta pemainnya tak terlalu lama istirahat untuk bisa kembali meraih hasil positif dalam pertandingan besar. 

"Sekarang kami harus mengambil momentum dan kami mendapatkan kemenangan besar lainnya. Dari sana, meningkatkan kepercayaan diri dengan cara yang sehat. Semua orang tahu kami harus memulai kembali pada Rabu (Kamis dini hari)," ujar Tuchel, dikutip dari Express, Selasa (11/5).

 
Sekarang kami harus mengambil momentum dan kami mendapatkan kemenangan besar lainnya.
 
 

Arsenal saat ini menempati peringkat sembilan klasemen. Berjarak enam poin dari West Ham United di peringkat lima, dengan tiga laga sisa. Dalam situasi saat ini, tentu nasib the Gunners sangat bergantung pada hasil dari tim lain. Namun, jika bisa menang di Stamford Bridge, paling tidak, membuka harapan Arsenal untuk bisa lolos ke Liga Europa. 

"Kami hanya bisa mengontrol hasil kami dan saat ini kami tidak bisa mengontrol hasil mereka. Apa yang kami harus lakukan adalah memenangkan pertandingan kami," ujar Arteta, dikutip dari laman resmi Arsenal.

Arteta juga mengeluhkan padatnya jadwal pertandingan. Ia menyebut, jarak usai Arsenal tampil di Liga Europa dan menghadapi West Bromwich di liga sangat dekat. Setelah itu, harus menjalani pertandingan besar melawan Chelsea. Menurutnya, dengan sejumlah pemain yang cedera, dirinya harus menempatkan pemain dalam posisi yang sulit. 

"Kami harus melakukan penyegaran, kami perlu pemain dengan mental dan sikap yang tepat. Jadwal yang kami lalui dengan Liga Europa benar-benar gila," kata Arteta.

Prediksi susunan pemain

Chelsea (3-4-3) :

Mendy; Azpilicueta, Zouma, Rudiger; James, Jorginho, Kante, Chilwell; Ziyech, Mount; Havertz

Arsenal (4-2-3-1) :

Leno; Chambers, Holding, Gabriel, Tierney; Partey, Elneny; Pepe, Odegaard, Aubameyang; Lacazette

 

Lima pertemuan terakhir :

Arsenal 3 vs 1 Chelsea (26/12/20)

Chelsea 2 vs 2 Arsenal (21/01/20)

Arsenal 1 vs 2 Chelsea ( 29/12/19)

Arsenal 2 vs 0 Chelsea (19/01/19)

Chelsea 3 vs 2 Arsenal ( 18/08/18)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat