Vaksinator mempersiapkan alat suntik sebelum menyuntikan vaksin Covid-19 bagi seniman dan budayawan di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (19/4/2021). | M RISYAL HIDAYAT/ANTARA FOTO

Kabar Utama

Perempuan Kunci Penanganan Pandemi

Peran perempuan sangat besar, menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19.

JAKARTA – Hari Kartini yang jatuh pada Rabu (21/4) kemarin menyorot pentingnya perempuan dalam penanganan pandemi Covid-19. Termasuk juga dalam perannya menangkal dampak pandemi pada perekonomian. 

Di DKI Jakarta, ratusan tenaga kesehatan perempuan memeringati Hari Kartini dengan memainkan angklung di Gedung Kesenian Jakarta dalam memperingati Hari Kartini, kemarin. Dalam kesempatan itu, Gubernur Anies Baswedan mengungkapkan, peran perempuan sangat besar, terutama menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Anies menjelaskan, hal itu terlihat dari bidang kesehatan di Ibu Kota yang dipimpin oleh seorang perempuan, yakni Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti. Bahkan, jajaran dalam dinas tersebut juga diisi oleh banyak perempuan. 

"Di DKI Jakarta, dalam penanganan Covid-19, kepala dinas kesehatan (adalah) perempuan. Kemudian, kepala (bidang) penyakit menular perempuan. Bagian surveilans perempuan. Bagian pelayanan medis perempuan. Banyak tokoh-tokoh justru perempuan-perempuan yang jadi garda terdepan," kata Anies. 

photo
Anggota Srikandi Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kota Padang menyemprotkan disinfektan ke fasilitas umum di Batang Arau, Padang, Sumatra Barat, Rabu (21/4/2021). Relawan perempuan binaan BPBD Padang itu menyemprotkan disinfektan ke fasilitas umum, masjid, dan sekolah sambil mengenakan pakaian kebaya dalam rangka memperingati Hari Kartini sekaligus sosialisasi kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 selama Ramadhan. - (Iggoy el Fitra/ANTARA FOTO)

Di sisi lain, Anies menyampaikan, Raden Adjeng Kartini (1879-1904) merupakan tokoh yang mampu menginspirasi melalui berbagai tulisan berisi gagasan. Gagasan itu pun dikenang hingga sekarang. "Yang ditinggalkan oleh Ibu Kartini adalah kata-kata yang berisi ide dan gagasan. Ide dan gagasan yang mewujud dalam membentuk karya," ujarnya. 

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menuturkan, permainan angklung dalam memperingati Hari Kartini ini melibatkan 207 tenaga kesehatan. Hal ini sebagai salah satu sarana untuk menghibur para tenaga kesehatan yang setiap hari berjibaku menangani pandemi Covid-19 di Jakarta. "Kita coba rehat sejenak menghibur tenaga kesehatan," kata Widyastuti. 

Sedangkan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, peringatan Hari Kartini seharusnya dijadikan momen pengingat bahwa perempuan juga memiliki peran penting dalam penggerak ekonomi bangsa. Khofifah pun mengajak masyarakat meninjau peran perempuan di lingkungan paling kecil, yaitu keluarga. Perempuan memiliki peran besar dalam urusan keuangan rumah tangga.

"Mereka menata, mengalokasi, serta berusaha mencukupkan keuangan yang dimiliki keluarga tersebut," kata Khofifah di Surabaya, Rabu (21/4). Termasuk saat pandemi Covid-19, lanjut Khofifah, yang dampaknya sangat dirasa untuk perekonomian rumah tangga. 

Pada posisi ini, perempuan diuji untuk mampu mengelola keuangan dengan baik. Mereka memeras otak agar dapur tetap ngebul. Selain itu, kata Khofifah, sebagian besar penggerak aktivitas UKM dan KUMKM di masyarakat adalah perempuan.  

“Makanya di Jawa Timur, ada program yang diberi nama Jatim pemberdayaan usaha perempuan atau disingkat Jatim Puspa. Bantuan untuk Jatim Puspa juga digelontorkan. Banyak perempuan yang mendapat bantuan hibah berupa modal usaha,” ujar Khofifah 

Harapannya, perempuan bisa melakukan aktivitas lain, seperti berjualan makanan, minuman, membuat baju, handycraft, dan beragam aktivitas lainnya. Produk tersebut menjadi komoditas ekonomi yang bisa dijual. Mereka memiliki pendapatan tambahan dari aktivitas ini. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menyebut kesetaraan gender dapat memberikan manfaat termasuk dalam perekonomian. “Salah satu statistik dari McKinsey & Company menunjukkan, secara global apabila perekonomian memberi kesempatan yang sama bagi perempuan, maka ekonomi global bisa mendapat manfaat 12 triliun dolar AS pada 2025,” ujarnya saat acara "Srikandi Ekonomi Syariah Bersinergi Mendukung Pemulihan Ekonomi" secara virtual, Rabu (21/4).

Khusus untuk kawasan Asia Pasifik, Sri Mulyani mengungkapkan kesetaraan gender dari peran perempuan bidang ekonomi bisa memberi nilai tambah 4,5 triliun dolar AS. Apabila sebuah negara atau perekonomian memberi kesempatan yang inklusif dengan sama baik, maka memberikan efek dalam bentuk daya tahan.

“Bahkan secara nilai tambah bagi perekonomian akan meningkat sebesar 26 persen. Ini adalah angka yang besar,” ucapnya.

Sri Mulyani menuturkan, dalam kehidupan sehari-hari banyak inspirasi perempuan yang kuat dan hebat. Di Indonesia, ada Raden Ajeng Kartini yang memperjuangkan hak pendidikan bagi kaum hawa.

Sedangkan tokoh perempuan Islam yang menginspirasi salah satunya istri Nabi Muhammad SAW, Siti Khadijah, karena memiliki aset dan usaha. “Tentu pada masa itu adalah hal luar biasa bahwa perempuan bisa memiliki perusahaan dan bahkan menyewa dan mempekerjakan banyak orang, termasuk Nabi Muhammad,” ucapnya. 

Posisi di BUMN

Sementara, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan komitmennya dalam mendorong peran perempuan di lingkungan perempuan. Erick mengatakan peningkatan kesempatan bagi para perempuan berkiprah di level teratas BUMN menjadi bagian transformasi Kementerian BUMN.

Erick menyebut pemimpin perempuan di lingkungan BUMN merupakan Kartini masa kini.

 
photo
Vaksinator bersiap untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di Aula RS Advent Bandung, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Rabu (21/4). - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

"Oleh karena itu, saya tidak segan-segan memberikan kesempatan luar biasa. Ketika bicara tranparansi di BUMN, saya ingin memastikan transformasi di human capital terutama di kepemimpinan perempuan bisa terjadi," ujar Erick, di Jakarta, Selasa (20/4).

Erick mengatakan upaya perlindungan terhadap perempuan juga harus dibarengi dengan peningkatan jumlah pemimpin perempuan di BUMN. "Saya berharap apa yang kita sepakati target-target yang hari ini baru 11 persen di jajaran direksi BUMN ini kita mau tercapai jadi 15 persen tahun ini. Ini momentum harus didorong," ucap Erick.

Erick mengatakan, keseimbangan gender akan meningkatkan profesionalisme, kinerja, dan pelayanan sebuah perusahaan. Erick berharap para perempuan dapat menjadi core transformasi di Kementerian BUMN dengan tetap berlandaskan akhlak. "Tanpa kalian, perubahan itu akan terjadi secara stagnan," kata Erick menambahkan. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat