Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Demokrat , Jakarta, Senin (1/2/2021). | MUHAMMAD ADIMAJA/ANTARA FOTO

Nasional

'AHY Diproyeksikan untuk Pilpres'

Partai Demokrat memprioritaskan kadernya untuk bisa diusung pada Pilgub DKI mendatang.

JAKARTA—Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai wajar Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak masuk daftar calon gubernur DKI Jakarta. Menurut Adi, AHY tidak lagi diproyeksikan Partai Demokrat sebagai calon kepala daerah. Ia menilai AHY diproyeksikan untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Jadi Demokrat sudah bagi kapling politiknya dari sekarang. Siapa yang kerja untuk Jakarta dan untuk pilpres," kata Adi kepada Republika, Ahad (21/2).\

Ia menilai, aneh jika AHY terus dikaitkan dengan Pilkada Jakarta. Sebab, AHY dinilai sudah pantas untuk bertarung di tingkat pilpres bersama dengan tokoh nasional lainnya.

"Tak lucu saja kalau AHY masih selalu dikaitkan dengan pilkada Jakarta, ini akan jadi pertama dalam sejarah ketum partai nyalon kepala daerah," ujarnya.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menilai bisa saja nama AHY akan dimunculkan kembali pada Pilkada DKI Jakarta jika revisi Undang-Undang (UU) Pemilu menyepakati pilkada digelar 2022.

photo
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjalan usai memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Demokrat , Jakarta, Senin (1/2/2021). AHY menyampaikan adanya upaya pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat secara paksa. Gerakan itu melibatkan pejabat penting pemerintahan yang secara fungsional berada di dalam lingkaran kekuasaan terdekat dengan Presiden Joko Widodo. - (MUHAMMAD ADIMAJA/ANTARA FOTO)

"Ya mungkin saja (dimunculkan kembali) karena AHY lebih diproyeksikan untuk posisi capres atau cawapres ya," kata Qodari kepada //Republika//, Ahad.

Sementara, Qodari menyebutkan, untuk bisa maju dalam pentas nasional, AHY harus memiliki modal cukup. Modal yang dinilai penting dimiliki AHY saat ini untuk bisa maju menjadi calon presiden 2024 mendatang yaitu panggung dan pengalaman.

"Panggung itu ya posisi jabatan publik dan pengalaman itu ya tadi, bisa diperoleh di jabatan publik. Pengalaman menjalankan pemerintahan itu tidak terakomodasi, tidak tersedia dalam jabatan sebagai ketua umum, dan pengalaman itu serta prestasi itu bisa dtunjukan apabila ada jabatan seperti kepala daerah dan menteri," tegasnya.

Sementara, Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengaku AHY fokus pada konsoidasi internal sehingga tak dimasukkan dalam daftar bakal calon kepala daerah di Pilgub DKI Jakarta.

"Mas Ketum AHY fokus pada konsolidasi internal dan eksternal untuk mempersiapkan Partai Demokrat menghadapi Pemilu 2024. Mengawal dan membesarkan partai dengan mewujudkan tri sukses Pemilu. Sukses Pilkada, sukses Pileg dan sukses Pilpres," kata Kamhar.

photo
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menghadiri pertemuan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (29/7/2020). Pertemuan tersebut membahas sejumlah isu nasional termasuk pembahasan rencana koalisi pada Pilkada 2020 - (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Ia menyebutkan, Partai Demokrat memprioritaskan kadernya untuk bisa diusung pada Pilgub DKI mendatang. Partai Demokrat memiliki 10 kursi di DPRD DKI Jakarta. "Sembilan kader Partai Demokrat yang dipersiapkan, memungkinkan untuk menjadi calon gubernur atau pun calon wakil gubernur," ujar dia.

Sembilan nama yang masuk radar Demokrat, antara lain, Santoso (anggota Komisi III DPR/Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta), Hinca Panjaitan (anggota Komisi III DPR), Didik Mukrianto (anggota Komisi III DPR), M Ridho Ficardo (mantan gubernur Lampung), Emil Elistianto Dardak (wagub Jatim), Cellica Nurrachadiana (Bupati Karawang). Kemudian Anwar Hafid (anggota Komisi II DPR), Dede Yusuf Macan Effendi (pimpinan Komisi X DPR), Iti Octavia Jayabaya (Bupati Lebak).

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat