Gennaro Gattuso, pelatih Napoli | EPA-EFE/ELISABETTA BARACCHI

Olahraga

Pembelaan Gattuso

Gattuso kesal wartawan selalu menanyakan isu pengunduran dirinya.

Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso merasa muak dengan rumor pemberitaan tentang masa depannya bersama tim berjuluk i Partenopei yang diasuhnya. Dirinya pun lantas mengeluarkan komentar terkait situasi dengan klub.

"Saya tidak membutuhkan siapa pun untuk mempercayai saya. Saya kesal karena orang-orang bertanya kepada saya apakah saya akan mengundurkan diri," kata Gattuso dilansir Football Italia, Jumat (28/1).

Seiring dengan merosotnya performa Napoli dalam beberapa pertandingan Serie A Liga Italia terakhir. Rumor terkait masa depan Gattuso di Stadion San Paulo pun berhembus kencang.

Terlebih setelah timnya menelan kekalahan melawan Hellas Verona pada pekan ke-19, para petinggi langsung menggelar pertemuan dengan allenatore berusia 43 tahun.

Gattuso pun membandingkan situasi lnya saat berada di Milan dan Napoli. Jika sebelumnya ia mengundurkan diri di Milan, itu karena dirinya merasa tidak percaya saya bisa melakukan lebih banyak lagi di sana. Saat ini, Ia menegaskan, dirinya sama sekali tak berpikir untuk angkat koper dari klub asal selatan Italia.

"Saya di sini, melakukan pekerjaan saya. Saya telah bekerja selama empat tahun dan berada di semifinal Coppa Italia keempat saya. Saya ingin melihat bagaimana Inter tampil tanpa Romelu Lukaku dan Lautaro Martinez selama sebulan," katanya.

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gennaro Gattuso (rinogattuso.official)

"Presiden berbicara kepada tim dan meyakinkan saya, meskipun saya tidak membutuhkannya. Saya melakukan pekerjaan saya. Kami berada di semifinal Coppa Italia, namun orang-orang bertindak seolah-olah kami tidak mencapai apa-apa dengan melewati grup Liga Europa," sambung Gattuso.

Keyakinan Rhino, sapaan akrab Gattuso untuk bertahan di Napoli memang bukan tanpa alasan. Pasalnya presiden klub Aurelio De Laurentiis baru saja merilis pernyataan jika klub menaruh kepercayaan penuh dengan Gattuso.

Di sisi lain, Gattuso baru saja mengantarkan Napoli melangkah ke babak semifinal Coppa Italia setelah menggasak Spezia dengan skor 4-2. Nantinya pada partai semifinal i Vesuvani akan berjumpa Atalanta.

Napoli saat ini berada di semifinal Coppa Italia, lebih baik daripada Real Sociedad dan AZ Alkmaar berada. Tapi, kata dia, orang-orang bertindak seolah-olah Napoli tidak mencapai apa-apa dengan melewati grup Liga Europa itu.

"Saya tahu ini adalah bagian dari pekerjaan, dan saya akan terus bekerja selama saya diizinkan. Namun yang terjadi belakangan ini berlebihan ketika saya datang ke sini untuk memberikan wawancara, pertanyaan pertama yang saya harapkan adalah ini tahun keempat saya sebagai pelatih dan saya berada di semifinal keempat dalam karier saya," pungkasnya.

 
Saya tahu ini adalah bagian dari pekerjaan, dan saya akan terus bekerja selama saya diizinkan.
 
 

Untuk posisi klasemen Serie A Italia, Napoli sementara bercokol di peringkat keenam dengan raihan 34 poin dari 11 kemenangan, sekali imbang, dan enam kekalahan. Selanjutnya Dries Mertens dan kolega akan bentrok melawan Parma pada gironata ke-20 akhir pekan ini.

Sebelumnya, Napoli menelan dua kekalahan dalam sepekan, saat tumbang oleh Juventus di Piala Supercoppa dan di Serie A oleh Juventus. Il Partenopei harus menang jika tidak ingin kehilangan potensi mempertahankan gelar kompetisi tersebut. Apalagi, melihat performa Napoli sejak berganti tahun, the Azzurri kini berada di peringkat enam klasemen Serie A, dan tertinggal sembilan poin dari puncak klasemen, dengan satu pertandingan di tangan. 

Gattuso masih bertekad membawa Napoli kembali ke Liga Champions. Dengan kemenangan yang diraih saat ini, ambisi tersebut terlihat mungkin untuk dipenuhi. "Saya tidak bisa melakukannya sendiri, kami semua perlu menganalisis apa yang terjadi dan memangkas kesalahan," tegas Gattuso.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat