Ilustrasi pemain bulu tangkis Indonesia dalam BWF Tour Finals | Erika Sawauchi

Olahraga

Indonesia Bidik Dua Gelar di BWF Tour Finals

BWF Tour Finals membutuhkan konsentrasi, stamina yang prima, daya juang tinggi, dan semangat pantang menyerah.

JAKARTA -- Laga puncak BWF Super Seri atau yang dikenal HSBC BWF World Tour Finals 2020 akan dimulai hari ini, Rabu (27/1), di Impact Arena, Bangkok, Thailand. Meski tidak menampilkan pemain terbaik di seluruh dunia karena absennya pemain dari Cina dan Jepang, pertarungan untuk memperebutkan gelar diperkirakan tetap sengit.

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky menyatakan, Indonesia diharapkan bisa merebut dua gelar juara dari empat sektor. Hal tersebut ditentukan oleh bagaimana kondisi dan semangat juang para atlet bulu tangkis Tanah Air. "Untuk target di World Tour Finals, saya harapkan ada dua gelar juara dari empat sektor. Tergantung bagaimana kondisi dan daya juang atletnya. Untuk lolos ke babak semifinal, setiap atlet harus bermain tiga kali di penyisihan grup. Apalagi, lawan yang dihadapi adalah pemain terbaik," ujar Rionny, Selasa (26/1).

Tentu, Rionny menambahkan, ini sangat membutuhkan konsentrasi, stamina yang prima, daya juang tinggi, dan semangat pantang menyerah. "Jika pemain Indonesia sudah lolos ke semifinal, baru kita bisa memprediksi dari sektor mana yang berpeluang merebut gelar juara," katanya menjelaskan.

Hasil undian pada Selasa menempatkan para pebulu tangkis Indonesia di posisi rawan. Setidaknya, ada dua sektor yang masuk dalam grup neraka. Namun, yang paling terlihat berat persaingannya adalah di sektor tunggal putra.

Satu-satunya wakil Indonesia di nomor ini, Anthony Sinisuka Ginting, berada di Grup A bersama dengan juara dua kali turnamen Thailand Open 2021 lalu, Viktor Axelsen dari Denmark. Selain itu, ada pemain andalan Taiwan Chou Tien Chen dan satu lagi pemain nomor satu Malaysia saat ini, Lee Zii Jia.

Asisten pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah, mengatakan, meskipun berat peluang lolos bagi anak asuhnya tetap terbuka. "Memang dari hasil undian, calon lawan Ginting kuat-kuat semua. Peluangnya untuk lolos dari grup insya Allah bisa, tapi harus bekerja keras banget. Yang terpenting Ginting bisa bermain all out dan enjoy," ujar Irwansyah.

Pengundian babak penyisihan grup dilakukan di Bangkok oleh pejabat Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dan Badminton Association of Thailand (BAT) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang amat ketat. Dalam babak grup, semua pemain akan saling bertemu. Dua pemain atau pasangan teratas dari masing-masing grup melaju ke semifinal.

Dalam babak semifinal, juara grup akan disilang untuk bertemu dengan peringkat kedua grup lainnya. Turnamen dimulai Rabu ini dan final akan digelar pada Ahad, 31 Januari 2021.

Motivasi dari pebulu tangkis Susi Susanti

"Susi Susanti-Love All" tayang di Disney+ Hotstar pada 1 Januari 2021. Film tersebut membangkitkan semangat dan memotivasi untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Daniel Mananta selaku produser "Susi Susanti - Love All" mengatakan semangat pantang menyerah yang disampaikan dalam film tersebut sangat pas untuk memotivasi diri di awal tahun.

"Kita mungkin baru saja melewati tahun yang sangat susah di 2020, di mana kita benar-benar merasa kayak terjatuh dan 2021 ini adalah di mana kita harus bangkit kembali dan saya bersyukur banget karena Disney+ Hotstar akhirnya menayangkan di 2021, jadi orang punya harapan baru untuk bisa bangkit kembali," kata Daniel.

Dengan dirilisnya film arahan sutradara Sim F itu di Disney+ Hotstar, Daniel berharap kisah dari legenda bulutangkis Indonesia dapat dikenal oleh seluruh dunia. "Ini adalah salah satu cara agar kita terekspos ke global. Gue berharap banget supaya bisa di ekspos ke global. Kapan? Gue enggak tahu tapi gue berharap suatu saat akan," ujar Daniel.

"Sekarang kita fokusin di Indonesia dulu supaya orang-orang kita sendiri punya harapan baru dan belajar dari kisah hidupnya Susi Susanti yang setiap kali di jatuh, kalah, dia selalu kalah di set 1 tapi berhasil membalikkan keadaan di set kedua dan set ketiga," lanjutnya.

Film "Susi Susanti - Love All" menampilkan semangat nasionalisme yang dibawa Susi Susanti di ajang internasional. Terlihat pula bagaimana Susi melewati menjadi atlet remaja yang sukses sampai senior yang harus memikirkan nasib keluarga dan bangsanya.

Film ini menyajikan aksi badminton yang seru, juga drama sentimentil dalam perjuangan meraih kemenangan.Susi Susanti diperankan oleh Laura Basuki dan Alan Budikusuma oleh Dion Wiyoko. Film ini pun mengantarkan Laura sebagai pemenang kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik Piala Citra 2020.

 

Hasil undian BWF World Tour Finals 2020:

Tunggal Putra

Grup A

1. Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)

2. Chou Tien Chen (Taiwan)

3. Lee Zii Jia (Malaysia)

4. Viktor Axelsen (Denmark)

Grup B.

1. Anders Antonsen (Denmark)

2. Wang Tzu Wei (Taiwan)

3. Kidambi Srikanth (India)

4. Ng Ka Long Angus (Hong Kong)

 

Tunggal Putri

Grup A

1. Carolina Marin (Spanyol)

2. An Se Young (Korea)

3. Michelle Li (Kanada)

4. Evgeniya Kosetskaya (Rusia)

Grup B

1. Tai Tzu Ying (Taiwan)

2. Ratchanok Intanon (Thailand)

3. Pornpawee Chochuwong (Thailand)

4. Pusarla V Sindhu (India)

 

Ganda Putra

Grup A

1. Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan)

2. Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia)

3. Ben Lane/Sean Vendy (Inggris)

4. Marcus Ellis/Chris Langridge (Inggris)

Grup B

1. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia)

2. Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)

3. Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia)

4. Choi Solgyu/Seo Seung Jae

 

Ganda Putri

Grup A

1. Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Indonesia)

2. Lee So Hee/ hin Seung Chan (Korea)

3. Chow Mei Kuan / Lee Meng Yean (Malaysia)

4. Vivian Hoo/Yap Cheng Wen (Malaysia)

Grup B

1. Kim So Yeong / Kong Hee Yong (Korea)

2. Chloe Birch / Lauren Smith (Inggris)

3. Linda Efler/Isabel Herttrich (Jerman)

4. Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand)

 

Ganda Campuran

Grup A

1. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia)

2. Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris)

3. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)

4. Seo Seung Jae Chae Yujung (Korea)

Grup B

1. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia)

2. Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich (Jerman)

3. Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis)

4. Goh Soon Huat/Shevon Jemei lai (Malaysia)

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat