Pemain Manchester United Fred (kiri) bertanding melawan Liverpool pada 24 Januari 2021. | EPA-EFE/Laurence Griffiths

Olahraga

Manchester United Menjaga Momentum

Dari berbagai aspek, Manchester United diunggulkan untuk bisa membungkam Sheffield.

MANCHESTER -- Dua klub sekota, Manchester United (MU) dan Manchester City, hanya terpisah dua poin di dua posisi teratas klasemen sementara, saat Liga Primer Inggris telah menuntaskan paruh pertama musim ini. Meski berada di peringkat kedua dan tertinggal dua poin, City masih memiliki keuntungan lain dalam perebutan posisi puncak. 

MU telah tampil di 19 laga, sementara City baru merumput di 18 partai. Belum lagi dengan tren positif performa the Citizens. Tim besutan Pep Guardiola itu tercatat menjadi klub pertama di pentas Liga Primer musim ini yang mengemas lima kemenangan beruntun. Konsistensi raihan poin penuh inilah yang membawa City meraih dua gelar juara dalam tiga musim terakhir Liga Primer.

Namun, bukan hanya City yang tengah berada dalam kondisi terbaik saat Liga Primer memasuki periode pergantian tahun. United rasanya memiliki modal yang cukup untuk bisa terlibat secara langsung dalam perburuan trofi musim ini. City mungkin menjadi tim dengan rentetan kemenangan terpanjang di pentas Liga Primer musim ini. Namun, United menjadi tim yang paling konsisten meraih poin.

Tim besutan Ole Gunnar Solskjear itu selalu mampu memetik poin di ajang Liga Primer sejak November tahun lalu. United tidak pernah merasakan kekalahan atau gagal memetik poin di 13 laga terakhir di kancah Liga Primer musim ini. Hasil imbang tanpa gol saat melawat ke markas Liverpool, dua pekan lalu, direspons MU dengan kemenangan 2-1 atas Fulham, tengah pekan lalu.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Manchester United (manchesterunited)

Terlepas dari hasil yang didapatkan City di laga kontra West Bromwich Albion, Rabu (27/1) dini hari WIB, United berpeluang besar untuk kembali memimpin papan klasemen sementara pada pengujung pekan ke-20 Liga Primer. Syaratnya, Iblis Merah harus bisa memetik kemenangan saat menerima lawatan Sheffield United pada pekan ke-20, Kamis (28/1) dini hari WIB. 

Di laga ini, United diharapkan bisa menjaga momentum apik yang tengah diperolehnya, terutama dalam hal kepercayaan diri dan mentalitas bertanding. Keberhasilan menyingkirkan Liverpool lewat kemenangan 3-2 di putaran keempat Piala FA, akhir pekan lalu, tentu mendongkrak kepercayaan diri para penggawa United. Kini, tantangan terberat United adalah menjaga dan meneruskan momentum ini di laga kontra the Blades.

''Ada atmosfer luar biasa di ruang ganti pemain. Namun, saya ingin melihat reaksi dari para pemain, bagaimana mentalitas bertanding kami saat menghadapi Sheffield. Itu jadi tantangan berikutnya. Kami telah mengalahkan Liverpool di Piala FA. Namun, saya ingin melihat, kami kembali fokus untuk tampil sebaik mungkin di laga tengah pekan ini,'' ujar pelatih MU Ole Gunnar Solskjaer, dilansir laman resmi klub, Selasa (26/1).

Dari berbagai aspek, United diunggulkan untuk bisa membungkam Sheffield. Selisih poin antara kedua tim di papan klasemen sementara, yang terentang hingga 35 poin, agaknya sudah cukup memperkuat prediksi tersebut. Sementara itu, United berada di peringkat pertama klasemen, the Blades terpuruk di dasar klasemen dengan hanya meraih lima poin dari 19 laga. 

Belum lagi dari sisi performa tandang Sheffield. Peringkat kesembilan Liga Primer musim lalu itu belum pernah memetik kemenangan di partai tandang musim ini. Kondisinya berbanding terbalik dengan United, yang mampu mengemas rekor tak terkalahkan di laga kandang, termasuk kemenangan di tiga laga terakhir di Old Trafford pada kancah Liga Primer.

Dengan status sebagai unggulan di laga ini, Solskjaer dikabarkan akan melakukan serangkaian rotasi pemain. Marcus Rashford, yang sempat mengalami cedera di pengujung laga kontra Liverpool, kemungkinan besar akan absen di laga ini. Alhasil, Anthony Martial akan menggantikan peran dan posisi Rahsford. Pun dengan kemungkinan menempatkan Edinson Cavani sebagai ujung tombak.

Sementara dari kubu tamu, pelatih Chris Wilder memastikan timnya akan tampil dengan para penggawa terbaik. Kabar menyenangkan pun datang, yakni sejumlah penggawa andalan the Blades, seperti Oli McBurnie, Ben Osborn, dan Sander Berge, telah pulih dari cedera. Meski belum bisa memastikan untuk menurunkan pemain-pemain tersebut, tapi Wilder mengisyaratkan para pemain itu sudah bisa disertakan di laga kontra United.

''Itu adalah kabar yang bagus apabila melihat bagaimana kami cukup kesulitan untuk bisa bersaing di kompetisi pada musim ini,'' ujar Wilder seperti dilansir The Star, Selasa.

Manchester City

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Manchester City (mancity)

Manchester City ke pucuk klasemen lagi seusai mencukur tuan rumah West Bromwich Albion 5-0 dalam laga pekan ke-20 Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).Gelandang Ilkay Gundogan melanjutkan tren kesuburannya dengan menyumbangkan dua gol dalam kemenangan City kali ini yang diwarnai pula gol-gol dari Joao Cancelo, Riyad Mahrez dan Raheem Sterling.

City sementara mengoleksi 41 poin dan mengambil alih posisi puncak dari rival sekotanya Manchester United (40) yang baru bermain sehari berselang.Sedangkan West Brom yang menelan lima kekalahan beruntun di kandangnya tertahan di urutan ke-19 klasemen dengan 11 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tim besutan Pep Guardiola memulai pertandingan dengan sempurna ketika membuka keunggulan hanya enam menit setelah sepak mula melalui tembakan Gundogan dari tepian kotak penalti yang mampu memperdaya kiper Sam Johnstone.

Keunggulan itu digandakan oleh Cancelo yang mencetak gol dengan posisi serupa seperti Gundogan ketika menyelesaikan umpan tarik Bernardo Silva pada menit ke-20.Di bawah tekanan City, West Brom menciptakan kesempatan jarang-jarang pada menit ke-28 melalui umpan Robert Snodgrass, sayang penyelesaian Callum Robinson masih meluncur tipis di sisi gawang tim tamu.

Dua menit berselang, justru City yang sukses menambah keunggulan mereka melalui gol kedua Gundogan yang dicetaknya dengan penyelesaian dingin menyambar bola sapuan kurang sempurna dari pertahanan West Brom. Unggul tiga gol tak membuat City meredakan gelombang serangan mereka dan pada menit kedua injury time babak pertama Mahrez dengan tenang menerima umpan silang Sterling sebelum menyelesaikannya dengan sepakan melengkung ke area tiang jauh demi mengubah kedudukan jadi 4-0.

Gol kelima City lahir pada menit ke-57 ketika Sterling menyontek bola umpan silang Mahrez di muka gawang.West Brom tak berkutik memberi perlawanan berarti dan skor kemenangan 5-0 bagi City bertahan hingga peluit tanda laga usai terdengar.Kedua tim akan kembali bermain pada Sabtu (30/1) akhir pekan ini, ketika City menjamu Sheffield United dan West Brom menghadapi Fulham.

 

Jadwal Liga Inggris 

Kamis (28/1) dini hari WIB

Burnley          vs     Aston Villa     

Chelsea              vs     Wolverhampton Wanderers     

Brighton & Hove Albion  vs     Fulham     

Everton          vs     Leicester City     

Manchester United      vs     Sheffield United

 

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat