Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin memberikan paparan pada acara Silaturahmi Isyef Menyongsong 2021 yang bertajuk Kebangkitan Ekonomi Umat Melalui Masjid di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (8/1). Republika/Putra M | Republika/Putra M. Akbar

Khazanah

Inovasi Pemuda Bangkitkan Ekonomi Masa Pandemi

Pemuda semakin menggemari ekonomi syariah sebagai acuan pengelolaan bisnis mereka.

JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin meminta para pemuda yang tergabung dalam Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi. Menurutnya, para pemuda harus berinovasi sekecil apa pun untuk membangun ekonomi.

"Mungkin penyakit korona tidak akan hilang dan memberikan dampak yang panjang bagi pemulihan ekonomi. Para pemuda bisa membantu pemerintah mencegah penyebaran penyakit dan membantu perbaikan ekonomi dengan kontribusi sekecil apa pun,” ujar Syafruddin dalam acara Silaturahim ISYEF Menyongsong 2021 di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (8/1).

Syafruddin menerangkan, pandemi Covid-19 menimbulkan dampak besar terhadap kejatuhan ekonomi dunia, bukan hanya di Indonesia. Karena itu, ia mengingatkan semua anggota ISYEF untuk saling berkomunikasi dengan berbagai pihak dan kelompok guna membangun ekonomi masyarakat di tengah pandemi.

Ia juga mengajak para pemuda Muslim itu untuk mengasah pengalaman sebagai pengusaha dari bawah atau pekerja sosial. Dengan demikian, diharapkan dalam 10 tahun mendatang ada pemuda ISYEF yang masuk dalam jajaran tokoh yang menguasai perekonomian Indonesia.

"Harapan itu bukan tak mungkin sebab sebagian besar pengusaha sukses memulai usaha dari kecil," katanya.

Dalam acara yang mengusung tema ‘’Kebangkitan Ekonomi Umat Melalui Masjid’’ tersebut, Syafruddin juga mengingatkan agar semua anggota ISYEF tidak cepat tergiur untuk terjun ke dunia politik.

“Tolong jangan tergiur untuk berpolitik terlalu cepat. Jangan sehabis tamat kuliah S-1, sudah mau instan langsung masuk partai politik dan meninggalkan medan lapangan ekonomi atau medan sosial,” ujar mantan menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi itu.

Selain Syafruddin, tampak hadir dalam acara tersebut Ketua Pemuda Islam DMI Arief Rosyid, Ketua ISYEF Altras Mafasi, Pemimpin Redaksi Tawaf TV Buyung Wijaya Kusuma, dan Ustaz Muda Taqy Malik.

ISYEF adalah organisasi pemuda yang berada di bawah naungan organisasi Dewan Masjid Indonesia (DMI). Para anggota ISYEF terdiri atas pengusaha muda yang berbasis remaja masjid di Indonesia. n ed: wachidah handasah

Kutipan (jika perlu): Jangan tergiur berpolitik terlalu cepat, jangan setamat kuliah S-1, sudah mau langsung masuk partai politik.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat