Pemain Leeds United. | EPA-EFE/Daniel Leal-Olivas

Olahraga

Adu Kuat Leeds United Lawan West Ham United

Leeds United dan West Ham United akan menunjukkan segala kekuatannya di lapangan.

 

 

LEEDS -- Bentrok memperebutkan posisi di papan tengah akan terjadi di Elland Road saat dua kuda hitam bertarung. Leeds United akan menjamu West Ham United pada laga pekan ke-12 Liga Primer Inggris, Sabtu (12/12) dini hari WIB. Tuan rumah yang kini menempati peringkat ke-14 klasemen sementara hanya butuh tiga poin untuk bisa kembali ke papan tengah.

Leeds sempat memberikan kejutan pada awal musim ini. Skuad asuhan Marcelo Bielsa yang tampil ofensif sempat menabur ancaman kepada tim-tim unggulan sebelum kemudian terseok-seok. Satu kemenangan, sekali imbang, dan tiga kekalahan dalam lima pertandingan menuntut Bielsa membuat perbaikan. Apalagi, West Ham musim ini bukan lawan yang mudah dikalahkan. The Hammers cukup stabil di liga dan kerap mengejutkan tim-tim unggulan.

Bielsa menilai West Ham punya dua pemain per posisi di lini serang dengan kualitas sama. Andriy Yarmolenko, Manuel Lanzini, Michail Antonio, atau Felipe Anderson sama bagusnya jika ditugaskan menggempur pertahanan lawan. "Ini memberikan kalian ide mereka tim dengan potensi serangan yang bagus. Mereka juga punya pandangan yang jelas saat mereka perlu menyerang, bertahan, dan ketika butuh memainkan bola," kata Bielsa, dikutip dari laman resmi Leeds, Kamis (10/12).

Menghadapi laga ini, Bielsa tak segan membocorkan starting line-up dua hari sebelum pertandingan. Itu sesuatu yang sangat jarang dilakukan oleh pelatih mana pun. Ia mengatakan, pengumuman itu dilakukannya untuk menghindari spekulasi atas beberapa pemain cedera.

Bielsa harus mencari solusi dengan cedera Robin Koch yang diperkirakan bakal absen cukup panjang. Di sisi lain, Diego Llorente masih akan berada di pinggir lapangan paling tidak selama dua pekan. Namun, Bielsa mengungkapkan akan memasang Luke Ayling di posisi bek tengah dan Rodrigo Moreno sebagai gelandang kreatif.

Sedangkan, the Hammers harus bangkit dari kekalahan menyakitkan di tangan Manchester United akhir pekan lalu. Kekalahan 1-3 dari Iblis Merah setelah sempat unggul lebih dulu membuat klub asal London Barat itu gagal memperpanjang laju empat kemenangan beruntun. Karena itu, jika kembali kalah dalam pertandingan di Elland Road, posisi West Ham di 10 besar bisa terancam. Sedangkan, kemenangan akan mengangkat West Ham ke posisi kelima meski mungkin hanya sementara.

"Kami harus maju kembali, kami sudah berada di laju yang bagus. Hal paling penting adalah menjaga performa bagus dan berharap hasil bagus akan datang bersamanya," ujar pelatih West Ham David Moyes.

Moyes akhirnya bisa memberikan posisi starter kepada Said Benrahma yang bisa menggantikan Pablo Fornals di lini depan. Sementara itu, Michail Antonio masih harus berjuang dengan cedera hamstring.

Striker West Ham Jarrod Bowen menyatakan, timnya akan bangkit setelah baru menelan dua kekalahan dalam sembilan pertandingan di liga. "Jika kami bermain seperti itu, kami akan bisa menyingkirkan hambatan untuk bisa mendapatkan hasil," ujar Bowen. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat