Dompet Dhuafa memanfaatkan generasi milenial sebagai penggerak filantropi. | Republika/Putra M. Akbar

Khazanah

Dompet Dhuafa Dorong Milenial Jadi Sukarelawan

Dompet Dhuafa Volunteer telah melakukan kolaborasi kebaikan untuk Indonesia.

 

 

JAKARTA -- Dompet Dhuafa (DD) Volunteer mendorong tumbuhmya jiwa kerelawanan, khususnya di kalangan milenial. Bertepatan dengan peringatan Hari Relawan Internasional yang jatuh pada 5 Desember, DD Volunteer mengajak milenial menjadi sukarelawan dan bergabung dengan berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang berintegritas.

"Ayo bareng-bareng kita menjadi sukarelawan dan kita membantu sesama bukan karena kita punya lebih, tetapi karena kita butuh untuk membantu sesama," kata Pegiat Social Entrepreneurship, Indra Cahya Uno, dalam acara Indonesia Volunteer Action yang digelar DD secara virtual, Sabtu (5/12).

Indra menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada gerakan kerelawanan di Indonesia. Ia juga mengharapkan adanya kerja sama sesama relawan di Indonesia. Contohnya, DD Volunteer bekerja sama dengan seluruh sukarelawan dari berbagai organisasi di Indonesia, kemudian membuat database semua sukarelawan di Indonesia sehingga mempunyai satu master database.

Dalam forum yang sama, General Manager Resource and Mobilization Dompet Dhuafa, Doni Marlan, menyampaikan, sangat mengapresiasi Dompet Dhuafa Volunteer yang telah melakukan kolaborasi kebaikan untuk Indonesia. Ia berharap sukarelawan tetap bersama-sama menjaga gerakan kebaikan.

"Harapannya ke depan kita terus menjaga gerakan kebaikan ini untuk Indonesia dalam tema satu hari satu kebaikan, semangat Dompet Dhuafa Volunteer, satu hari satu kebaikan," ujarnya.

Dalam pandangan Global Talent and Learning Partner di Gojek, Abdul Jabbar Jawwadurrohman, sukarelawan bisa berdampak signifikan bagi perkembangan karier seseorang. Sebab, seorang sukarelawan akan mendapat pengalaman yang tidak didapat di bangku sekolah atau bangku kuliah.

 

Ia menyampaikan, ada sebanyak 431.465 NGO atau LSM di Indonesia berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2019. Artinya, banyak sekali organisasi kemasyarakatan di Indonesia. Organisasi-organisasi itu memiliki arah yang sama dan mimpi besar yang sama, yaitu bagaimana mengubah kesempatan menjadi perubahan yang baik.

"Kesempatan ketika tidak diambil, tidak akan berdampak apa-apa sehingga seorang volunteer harus selalu ingat bahwa saat kita bergabung di organisasi apa pun, jadikan itu kesempatan, tapi kesempatan itu jangan hanya diam menjadi kesempatan, tapi ubahlah menjadi peluang untuk menjadikan perubahan (yang baik)," kata dia.

Kegiatan Indonesia Volunteer Action menghadirkan sejumlah narasumber dan bintang tamu. Acara dimeriahkan pula dengan rekam jejak kerelawanan, Dompet Dhuafa Volunteer Award 2020, dan peluncuran lagu “#VolunteerIsMe”.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat