Tim PSG bersiap untuk latihan. | EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON

Olahraga

Ikhtiar PSG Keluar dari Lubang Jarum 

PSG harus tampil maksimal ketika bertandang ke markas MU.

MANCHESTER -- Status Paris Saint-Germain (PSG) sebagai tim terbaik kedua di gelaran Liga Champions musim lalu seolah tidak memiliki dampak pada musim ini. Les Parisiens tertatih-tatih dalam menapaki kiprahnya di penyisihan Grup H Liga Champions. 

Dua kekalahan dan satu kemenangan pada paruh pertama babak penyisihan Grup H membuat PSG berada dalam situasi yang sulit untuk lolos ke babak 16 besar. Untuk itu, tim besutan Thomas Tuchel itu harus bisa tampil maksimal ketika bertandang ke markas Manchester United di Stadion Old Trafford, Kamis (3/12) dini hari WIB.

Gagal meraih kemenangan di Old Trafford tentunya akan membuat posisi PSG makin terjepit. Apalagi, jika di laga lainnya, pada hari yang sama, RB Leipzig mampu meraih kemenangan dari kandang Istanbul Basaksehir. “Kita tidak boleh lagi lengah,” kata Tuchel. 

Untuk melakoni laga penting nanti, PSG sebenarnya tengah berada dalam tren penurunan performa. Meski bisa menang atas Leipzig, performa Les Parisien dinilai belum terlalu menyakinkan. Anggapan ini terkonfirmasi saat PSG ditahan imbang Bordeaux, 2-2, di lanjutan Ligue 1, akhir pekan lalu. Tuchel mengakui, anak asuhnya tampil begitu buruk pada babak kedua di laga kontra Bordeaux.  

"Tidak mungkin kami bisa meraih kemenangan di laga kontra Manchester United apabila kami tampil seperti pada babak kedua di dua laga terakhir di liga," kata Tuchel seperti dilansir DPA, Selasa (1/12). 

Di sisi lain, tim tuan rumah hanya membutuhkan hasil imbang demi bisa memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini sebagai wakil Grup H. Saat ini, United memimpin dengan koleksi sembilan angka. Sedangkan, PSG dan Leipzig memiliki angka sama, yakni enam poin. Sementara Istanbul yang menjadi juru kunci baru mengantongi tiga angka.  

Menghadapi PSG, pelatih United Ole Gunnar Solskjaer berharap, timnya bisa lebih efektif dalam memaksimalkan semua peluang. Menatap laga nanti, ia memiliki kepercayaan diri yang tinggi setelah memenangkan laga Liga Primer Inggris melawan Southampton. 

"Sangat menyenangkan bisa memetik tiga angka seperti yang kami tunjukkan di laga kontra Southampton. Ini menunjukkan ada peningkatan dalam segi mentalitas bertanding para pemain,” ujar Solskjaer seperti dilansir BBC, awal pekan ini. 

“Mungkin kami akan menghadapi situasi serupa di laga lain. Namun, kami harus bisa tenang. Kami mesti memanfaatkan sekecil apa pun peluang yang kami ciptakan," katanya melanjutkan.

Untuk melawan PSG, Solksjaer kabarnya akan menempatkan Edinson Cavani sebagai ujung tombak yang akan ditopang oleh Marcus Rahsford. Kendati demikian, setidaknya enam penggawa United diragukan bisa tampil di laga ini, seperti Scott McTominay, Luke Shaw, dan David de Gea. Namun, Solskjaer berharap, Paul Pogba sudah bisa diturunkan di laga ini setelah pulih dari cedera engkel. 

Sebaliknya, pihak PSG akan kehilangan Mauro Icardi dan Pablo Sarabia karena mengalami cedera. Namun, Tuchel kabarnya sudah bisa menurunkan Julian Draxler. Selain itu, Tuchel agaknya akan kembali menurunkan Ander Herrera dan Marco Veratti di lini tengah dan berharap banyak pada trio Angel Di Maria-Mbappe-Neymar di lini serang.

Antara Haaland dan Immobile  

Dengan selisih satu poin di papan klasemen sementara, Borusia Dortmund akan menjamu Lazio pada putaran kelima penyisihan Grup F Liga Champions, Kamis (3/12) dini hari WIB. Dortmund berada dalam posisi yang lebih menguntungkan dibanding Lazio dalam kemungkinan lolos ke babak 16 besar. 

Namun, Dortmund tetap mengincar kemenangan agar bisa mengakhiri fase awal sebagai juara Grup F. Dengan status itu, Dortmund diharapkan mendapatkan lawan yang relatif mudah kala tampil di babak 16 besar. Apalagi, di pertemuan pertama, Dortmund dibekap Lazio, 1-3, pertengahan Oktober silam. Misi balas dendam diusung tuan rumah di laga ini. 

Sementara dari kubu tim tamu, Lazio mesti bisa meraih kemenangan di laga ini untuk segera memastikan lolos ke babak 16 besar. Meski tetap berhak melangkah ke babak 16 besar apabila Brugge kalah dari Zenit Saint Petersburg di laga lainnya, Lazio tentu berharap bisa mengakhiri penyisihan Grup F dengan lebih cepat. 

Untuk melakoni laga nanti, kedua tim saling menaruh harapan besar kepada bombernya masing-masing. Kalau Dortmund mengandalkan insting mencetak gol dari Erling Haaland, I Biancoceleste berharap tuah Ciro Immobile dalam merobek gawang lawan. 

Secara keseluruhan, rekor gol Haaland kala tampil di Liga Champions begitu impresif. Dalam 12 kesempatan merumput di kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa tersebut, Haaland sudah mampu mencetak 16 gol. Catatan gol Haaland ini jauh lebih tinggi dibanding Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo saat sama-sama telah melakoni 12 caps di pentas Liga Champions. 

Sebaliknya, Immobile terbukti masih menjadi andalan I Biancoceleste. Meski sempat absen di tiga laga akibat terjangkit Covid-19, Immobile tidak perlu waktu lama untuk menemukan kembali ketajamannya. Di dua laga terakhir Lazio, penyerang asal Italia itu mampu mencetak tiga gol, termasuk dua golnya kala mengantarkan Lazio membungkam Zenit Saint Petersburg, 3-1, tengah pekan lalu. 

"Rekan-rekan setim terus mendukung dan membantu saya dalam mencetak gol. Kini, kami akan datang ke Dortmund dengan tekad memetik kemenangan dan melaju ke babak 16 besar," kata Immobile seperti dilansir laman resmi UEFA. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat