Pemain Juventus sedang berlatih. | REUTERS/Massimo Pinca

Olahraga

Kontra Cagliari, Juventus Bertumpu kepada Ronaldo

Juventus dipastikan tanpa kehadiran Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini yang absen karena mengalami cedera.

TURIN -- Juventus memiliki ambisi besar untuk mengamankan tiga angka saat menjamu tamunya, Cagliari, pada lanjutan pekan kedelapan Seri A Liga Italia 2020/2021. Laga ini akan digelar di Stadion Allianz, Turin, Ahad (22/11) dini hari WIB.

Gagal mengamankan angka sempurna pada pertandingan terakhir melawan SS Lazio, tentu menjadi pukulan berat bagi pelatih Juventus Andrea Pirlo. Pasalnya, hasil imbang tersebut membuat Juve tertahan di peringkat kelima dengan perolehan 13 angka hasil dari 3 kemenangan, 4 imbang, dan belum tersentuh kekalahan.

Bianconeri, julukan Juve, memang tak seberingas musim-musim terdahulu. Di bawah besutan Pirlo, Juve dinilai masih kesulitan menemukan model permainan terbaik dengan catatan hanya menang dua kali dalam lima laga terakhir.

Meski menghadapi tim dengan reputasi jauh berbeda, Juve patut waspada. Pasalnya, jarak perolehan angka kedua tim hanya berselisih tiga. Praktis, pelatih Cagliari Eusebio Di Francesco bakal mengerahkan kekuatan terbaik dari para pemainnya pada pertandingan nanti.

Juve juga dipastikan tanpa kehadiran Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini yang absen karena mengalami cedera. Duet lini belakang nantinya akan diisi oleh Matthijs de Ligt serta Merih Demiral, pun Danilo dalam skema tiga bek sejajar.

Sementara itu, kabar baik datang dari dua penyerang andalan Federico Chiesa pun Paulo Dybala. Keduanya yang sedang berjuang dengan masalah otot sudah kembali berlatih penuh di markas tim.

Cristiano Ronaldo jelas menjadi andalan Bianconeri bersama Alvaro Morata di lini gedor, dengan Dejan Kulusevski sebagai playmaker tepat di belakang kedua pemain. Alhasil, demi mendulang poin sempurna sekaligus memangkas jarak dengan pemimpin klasemen AC Milan, Juve akan mengandalkan kehebatan Ronaldo dan Morata.

photo
Pemain JUventus Christiano Ronaldo - (EPA-EFE/CLAUDIO PERI)

"Semua pemain bekerja dengan baik. Ini jelas menjadi pekan yang melelahkan bagi mereka setelah kembali dari laga internasional. Tapi, tugas kami adalah bermain dan melakukan semua yang kami bisa," kata Pirlo dilansir Football-Italia, Jumat (20/11).

Ronaldo menjadi top scorer bagi Juventus saat ini. Pesepak bola asal Portugal ini telah mencatat enam gol dalam empat penampilan.

Adapun peluang Ronaldo membobol gawang Cagliari juga cukup besar. Dari tiga pertemuan, pemenang lima titel Bola Emas itu sukses mengoleksi tiga gol. Semua gol Ronaldo dicetak saat Juventus menang 4-0 atas Cagliari pada 2019/2020 lalu.

Beralih ke tim tamu, Cagliari berada dalam modal positif mengingat pada pertandingan terakhir sukses meredam kekuatan Sampdoria dengan skor 2-0. Tak hanya itu, Cagliari juga tak terkalahkan dalam lima laga terakhir. Meski berada di posisi ke-11, lini depan Cagliari dinilai sangat produktif dengan catatan 14 gol dari tujuh laga.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat