Lionel Messi saat memimpin kesebelasan Argentina. | EPA-EFE/Juan Ignacio Roncoroni

Olahraga

Sang Messiah Lionel Messi Sudah Lelah

Messi selalu disalahkan atas sesuatu yang terjadi di Barcelona.

 

BARCELONA -- Mantan agen Antoine Griezmann, Eric Olhats, angkat bicara mengenai pengaruh kapten Barcelona Lionel Messi bersama tim. Berbicara kepada France Football pekan lalu, Olhats mengeklaim pengaruh Messi terlalu besar dalam keputusan klub.

Messi dinilai seperti raja yang bisa menentukan arah kebijakan klub. Di antaranya, ia tak menghendaki kehadiran Griezmann yang pindah ke Barca dari Atletico Madrid. Sikap itu yang membuat Griezmann kesulitan menemukan performa terbaiknya selama di Camp Nou.

“Sikap Messi sangat menyedihkan. Saya selalu mendengar Antoine mengatakan dia tak punya masalah dengan Messi, tapi tidak pernah sebaliknya. Ini adalah teror. Anda bersama Messi atau melawannya,” kata Olhats, dilansir Marca, Kamis (19/11).

Pulang dari membela negaranya dalam kualifikasi Piala Dunia 2022, Messi ditodong oleh sejumlah media mengenai situasi itu ketika tiba di Bandara El Prat, Barcelona. Ia tak banyak berkomentar. Namun, satu komentarnya cukup bisa menggambarkan bagaimana kondisi yang dialami Messi bersama Barcelona.

Messi merasa lelah karena selalu disalahkan atas sesuatu yang terjadi di Barcelona. Sang Messiah, julukan Messi, tak senang atas komentar Olhats tentang dirinya. Kekesalan Messi rupanya tak hanya tentang komentar Olhats, tetapi perlakuan petugas pajak setibanya di bandara.

Messi disambut sekitar lima orang petugas pajak Spanyol. Mereka memeriksa Messi beserta krunya. Bintang asal Argentina itu juga diperintahkan untuk membayar pajak di bea cukai setibanya di bandara.

photo
Barcelonas Lionel Messi  - (REUTERS/Albert Gea)

Perasaan yang dirasakan Messi bisa menjadi penguat tekadnya untuk hengkang. Messi diprediksi tak akan banyak pertimbangan pergi mencari tantangan baru. Apalagi, sejumlah klub Eropa sudah bersiap mendapatkan tanda tangannya.

Secara tak langsung, Messi juga sudah mendapatkan lampu hijau dari Presiden La Liga Spanyol Javier Tebas yang mengatakan bahwa Barcelona harus mempersiapkan tahun transisi pada musim 2020/2021. "Saat ini, Barcelona tak mempertimbangkan kebangkrutan, tetapi apa yang tidak mereka kurangi tahun ini akan memengaruhi anggaran klub itu tahun depan,” kata Tebas.

Pernyataan Tebas itu membuat peluang Barcelona untuk merelakan Messi semakin terbuka. Pasalnya, dengan menjual Messi yang bergaji selangit, La Blaugrana akan sangat jauh berhemat hingga bisa mendukung ketahanan finansial klub secara jangka panjang.

Messi memang menjadi sosok sangat penting dalam kesuksesan Barcelona selama lebih dari satu dekade terakhir. Kemampuannya di lapangan membuat Barcelona selalu mudah menghadapi lawan. Namun, Messi juga tak luput dari kritik tajam, khususnya ketika Barcelona bermain buruk.

Pemberitaan mengenai pertimbangan Messi di setiap perekrutan pemain baru Barca sering kali muncul. Itu artinya Messi memiliki pengaruh dalam arah kebijakan klub. Namun, Messi kini sudah lelah atas berbagai persoalan yang dihadapi Blaugrana. Ia juga merasa lelah karena selalu disalahkan. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat