Pemain kesebelasan Brasil Richarlison sedang berlatih. | EPA-EFE/Lucas Figueiredo / CBF HANDOUT

Olahraga

Argentina dan Brasil Perkasa

Kesebelasan Argentina dan Brasil sedang tampil prima dalam pertandingan menuju Piala Dunia 2022.

LIMA -- Argentina mencatatkan rekor tak terkalahkan dalam 11 pertandingan setelah menang 2-0 atas Peru pada kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol, di Stadion Nasional Lima, Peru, Rabu (18/11). Sebelumnya, skuat Albiceleste juga memenangkan tiga laga tandang terakhir.

Pencapaian itu sesuatu yang belum pernah diraih Argentina sejak tahun 2000. Peru memang lebih menguasai bola dalam laga tersebut. Namun, tim tamu bermain lebih efektif sehingga mampu menghasilkan dua gol lewat Nicolas Gonzalez pada menit ke-17 dan Lautaro Martinez pada menit 28.

Kapten timnas Argentina Lionel Messi senang dengan penampilan skuatnya dan hasil akhir laga. Itu menunjukkan kemajuan cepat usai ditahan imbang 1-1 oleh Paraguay lima hari lalu. Kemenangan ini membuat Argentina tetap menempel ketat Brasil di puncak klasemen. Brasil pada hari yang sama juga menang 2-0 atas Uruguay.

"Senang dengan kemenangan ini. Kami membutuhkannya setelah pertandingan yang kami mainkan tempo hari,” kata Messi lewat akun Twitter pribadinya dilansir dari Goal.

Bintang Barcelona itu mengeklaim, sejak awal permainan, timnya tampil bagus serta menciptakan banyak peluang. Penampilan impresif Argentina sejatinya sudah diperlihatkan ketika melawan Paraguay. Menurut Messi, hal tersebut mampu dipertahankan di kandang Peru, bahkan sedikit ada peningkatan.

Messi yakin sedikit demi sedikit timnas Argentina akan menjadi lebih kuat sebagai sebuah kelompok. Laga tersebut juga momen spesial bagi Messi. Ia mencatatkan diri tampil dalam 142 pertandingan pada laga internasional sehingga menyamai catatan legenda Brasil Cafu dan berada di urutan kelima sebagai pemain asal Amerika Selatan yang terbanyak tampil pada laga internasional.

Peraih enam gelar pemain terbaik dunia (Ballon d’Or) itu menegaskan akan terus memberikan kontribusi kepada timnas Argentina. Setiap kali bersama tim ini, Messi merasa ingin selalu mencoba melakukan yang terbaik. Ia juga merasa memiliki syarat untuk tetap berseragam timnas.

photo
Lionel Messi. (AP Photo/Manu Fernandez) - (AP Photo/Manu Fernandez)
Saya merasa senang untuk terus bekerja dan meningkatkan permainan.
LIONEL MESSI, penyerang tim kesebelasan Argentina
 

Pada pertandingan lain, Brasil sukses mengalahkan tuan rumah Uruguay 2-0. Laga tersebut berlangsung panas hingga striker Uruguay Edinson Cavani harus menerima kartu merah. Dua gol Selecao dicetak Arthur Melo pada menit ke-34 dan Richarlison pada menit ke-45.

Kemenangan itu merupakan yang keempat bagi Brasil dari empat pertandingan terakhir. Meski demikian, Arthur mengatakan hasil tersebut bukan berarti timnya harus berpuas diri. “Selalu ada ruang untuk perbaikan. Kami tidak boleh sombong karena merasa tidak terkalahkan,” ujar Arthur dilansir dari Reuters seusai laga.

Brasil selanjutnya akan terus meningkatkan kualitas permainan tim demi tujuan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Absennya Casemiro menjadi berkah bagi Arthur. Pasalnya, Arthur bisa kembali dipanggil ke timnas. Ia pun terkesan karena menyumbang satu gol.

Sementara bagi Uruguay, ini merupakan kekalahan kedua di kandang dalam 32 pertandingan terakhir dan keduanya melawan Brasil. Meski kubu Uruguay menganggap timnya hanya kurang beruntung, Arthur justru menilai Brasil memang layak menang.

Penampilan Neymar dkk, menurut Arthur, sesuai latihan yang dilakukan secara intens. Umpan ke depan diklaim lebih baik sehingga Uruguay harus memainkan bola panjang.

Kini, persaingan di papan klasemen semakin ketat. Brasil yang duduk di puncak klasemen mengumpulkan 12 poin dan hanya unggul dua poin dari Argentina di urutan kedua. Sementara, Ekuador berada di posisi ketiga dengan sembilan poin.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat