Bupati Bogor Ade Yasin. | Republika/Thoudy Badai
19 Nov 2020, 07:07 WIB

Ade Yasin Terkonfirmasi Positif Covid-19

Ade Yasin memutuskan menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

 

SHABRINA ZAKARIA

BOGOR — Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin dikabarkan terpapar Covid-19, Rabu (18/11). Ade Yasin pun mengonfirmasi kebenaran kabar tersebut.

“Di tengah padatnya aktivitas yang saya jalani, saya rutin melakukan pemeriksaan reguler dengan swab test. Dan hasil terakhir, saya dinyatakan positif Covid-19,” kata Ade Yasin melalui pesan singkat, Rabu (18/11).

Terkait

Sebelum terkonfirmasi positif pada Rabu (18/11), empat hari sebelumnya Ade Yasin sempat melakukan tes usap (swab test). Dari hasil tes usap, dia mendapati dirinya negatifCovid-19. Namun, Ade Yasin tetap merasa badannya demam setiap sore. Akhirnya, dia melakukan tes usap ulang.

Ade Yasin juga memutuskan untuk menjalani isolasi secara mandiri di kediamannya, Pendopo Bupati Cibinong. Ia menyatakan, kondisi paru-paru, tensi, dan saturasi baik. Dua hari setelah isolasi mandiri, kata dia, akan dicek lagi.

“Lebih aman isolasi mandiri kalau kondisinya seperti ini," ujar dia.

Ia mengaku sudah menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor untuk melakukan penelusuran (tracing) terhadap siapa saja yang kontak erat dengan dirinya sejak tiga hari lalu, saat ia melakukan tes usap pada Ahad (15/11). Pasalnya, pada Sabtu (14/11) lalu, ia sempat dinyatakan negatif dari hasil tes usap. Namun, karena merasakan demam, ia berinisiatif melakukan tes usap ulang.

"Saya merasakan kalau sore hari rasanya seperti demam, tapi tidak panas, akhirnya saya minta di-swab lagi, dan hasilnya positif," kata Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor itu.

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat agar selalu patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Ia juga meminta untuk menghaturkan doa agar diberi kesembuhan dari Covid-19.

 
Lebih aman isolasi mandiri kalau kondisinya seperti ini
ADE YASIN, Bupati Bogor.
 

"Mohon doa dan dukungannya agar saya segera pulih dan bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa. Tak lupa saya juga mendoakan kepada seluruh warga Kabupaten Bogor agar selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari Covid-19," kata Ade.

Dengan Ade Yasin terkonfirmasi positif Covid-19, puluhan aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan menjalani tes usap massal. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Mike Kaltarina mengatakan, belum dapat dipastikan jumlah ASN yang akan dites usap.

"Jumlahnya belum dipastikan, kisaran puluhan, seperti ajudan (bupati) dan kadis-kadis yang kontak erat," kata Mike.

Ia mengatakan, pengambilan spesimen dari puluhan ASN dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Kantor Dinkes Kabupaten Bogor dan lokasi tes usap massal Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). "Kebetulan ada jadwal swab massal di PUPR, jadi sebagian dialihkan ke sana. Khawatir akan menumpuk di Dinkes," kata Mike.


×