Pemain Everton James Rodriguez | Jan Kruger / POOL/GETTY POOL
07 Nov 2020, 00:53 WIB

Momen Bangkit Everton

Everton mengawali lima pertandingan pembuka dengan empat kemenangan dan sekali seri.

 

LIVERPOOL -- Everton mulai kendur. Dua kekalahan beruntun pada dua pertandingan terakhir membuat posisinya di puncak klasemen Liga Primer Inggris lepas. The Toffees melorot ke posisi empat dan terpaut tiga poin dari Liverpool di puncak klasemen.

Everton mengawali lima pertandingan pembuka dengan empat kemenangan dan sekali seri. Namun, setelah menahan rival sekota Liverpool 2-2, the Toffees kalah dari Southampton dan Newcastle United.

Kesempatan Everton kembali ke jalur kemenangan akan diuji ketika menjamu Manchester United (MU) di Goodison Park, Sabtu (7/11) malam WIB. Everton bisa tetap bersaing dengan tim-tim di atasnya jika berhasil memenangkan pertandingan. Sebaliknya mereka akan berpotensi makin melorot jika sampai kalah, melihat rapatnya jarak angka antartim hingga memasuki pekan kedelapan ini.

Terkait

Menghadapi pertandingan penting, Everton dihadapkan masalah kondisi James Rodriguez yang diragukan tampil sebagaimana catatan Whoscored. Rodriguez absen saat kalah dari Newcastle karena cedera. Begitu juga dengan Seamus Coleman, Andrea Gomes, dan Ben Godfrey.

Pelatih Everton Carlo Ancelotti pun dipastikan tak bisa memainkan Richarlison karena sanksi kartu merah. Sedangkan Jean-Phillipe Gbamin dan Mason Holgate masih cedera. Namun, Ancelotti mengonfirmasi akan memasang kembali kiper Jordan Pickford sebagai starter.

photo
Ilustrasi tim Everton dalam sebuah pertandingan - (GETTY POOL/Jan Kruger / POOL)

Pelatih Everton Carlo Ancelotti mengeklaim, memiliki keunggulan fisik dibandingkan MU. Alasan Ancelotti itu cukup masuk akal karena Iblis Merah baru saja menjalani pertandingan melelahkan di Turki, Kamis (5/11) dini hari WIB. Ancelotti menegaskan, tim-tim papan atas musim lalu memiliki jadwal yang sangat padat yang menyulitkan mereka. "Jadi, kami bisa memanfaatkan ini pada aspek fisik, di atas segalanya,” ujarnya dilansir dari Mirror, Jumat (6/11).

Kondisi MU tengah terpuruk. Penampilan buruk mereka ketika kalah 1-2 dari Istanbul Basaksehir di Liga Champions mendapatkan sorotan dari para legenda MU. Mereka menilai MU tak memiliki organisasi bagus, sementara pada saat yang sama punya pertahanan rapuh.

Kritik itu bukan merupakan pekerjaan rumah yang mesti segera dibenahi Solskjaer jika tak ingin kembali menjadi bulan-bulanan pasukan Carlo Ancelotti. Itu merupakan kekalahan kedua beruntun MU. Sebelumnya, Paul Pogba dan kawan-kawan takluk dari Arsenal di Old Trafford dalam pertandingan Liga Inggris. MU mengalami empat kekalahan, satu kemenangan dan satu kali imbang dalam enam laga terakhir.

Catatan buruk itu membuat posisi pelatih MU Ole Gunnar Solskjar mulai digoncang. Beberapa media menulis pertandingan melawan Everton memberikan tekanan ekstra kepada pelatih asal Norwegia ini. Bahkan, hasil laga tersebut bisa menjadi penentu karir Solskjaer bersama MU.

Solskjaer masih menyimpan harapan pasukannya lebih baik dalam pertandingan melawan Everton. “Satu-satunya cara yang saya tahu dalam merespons, dan saya harap para pemain juga, adalah dengan beraksi bersama-sama melawan Everton,” kata Solskjaer dikutip dari laman resmi klub.

 

Jadwal pertandingan Liga Primer Inggris

Sabtu (7/11) WIB

19.30 Everton vs Manchester United

22.00 Crystal Palace vs Leeds United

Ahad (8/11)

00.30 Chelsea vs Sheffield United

03.00 West Ham United vs Fulham

19.00 West Bromwich vs Tottenham

21.00 Leicester City vs Wolverhampton

23.30 Manchester City vs Liverpool

Senin (9/11)

02.15 Arsenal vs Aston Villa

 


×