Belanja daring di masa pandemi | Pixabay

Inovasi

Membaca Tren Transaksi Semasa Pandemi

Walaupun pandemi masih berlangsung, daya beli masyarakat masih tetap kuat.

Kehadiran festival belanja seperti 9.9, 10.10, dan selanjutnya merupakan momen penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan para jenama untuk mendongkrak transaksi penjualan daring. Walaupun situasi pandemi masih berlangsung, daya beli masyarakat masih tetap kuat. 

Hal ini terbukti dari jumlah pesanan dan nilai transaksi yang meningkat empat kali lipat pada periode festival belanja 10.10 kali ini, dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Kategori-kategori yang paling unggul pada momentum festival belanja online 9.9 dan 10.10 adalah perawatan diri, mencakup produk sanitasi, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, serta fashion, jelas CEO dan Founder Sirclo Brian Marshal. 

Pada 9.9 tahun ini, jumlah pengunjung tertinggi terdapat pada tengah malam, pukul 11 siang, dan di atas pukul delapan malam. Sementara pada festival 10.10, jumlah pengunjung tertinggi terdapat pada tengah malam, waktu istirahat kerja, setelah jam kerja, dan pada jam-jam flash sale

Tahun ini, permintaan yang tinggi tidak hanya berpusat di Pulau Jawa dan Bali, namun juga di provinsi lain seperti Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Bengkulu. Jumlah permintaan dari daerah luar Jawa dan Bali selama 10.10 bahkan meningkat lima kali lipat dibandingkan tahun lalu. Oleh karena itu, pelaku usaha harus memperhatikan fenomena ini dan menarik lebih banyak pembeli dari luar Jawa dan Bali. 

Mempermudah Transaksi

photo
Aplikasi Flip.Id - (Google Play Store)

Tak dapat dipungkiri, pandemi telah mengubah cara hidup kita dalam berbagai hal. Termasuk cara masyarakat melakukan transaksi keuangan. Kini, semakin banyak masyarakat yang memerlukan ketersediaan teknologi untuk memfasilitasi mereka dalam melakukan transaksi keuangan secara daring. 

Peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap hal tersebut tercermin dari pertumbuhan pengguna layanan keuangan berbasis daring, salah satunya Flip.id. Aplikasi pionir yang menyediakan layanan transfer gratis antarbank ini mencatat adanya peningkatan pengguna sebanyak hampir 100 persen atau dua kali lipat selama pandemi berlangsung dibanding sebelum pandemi. 

CEO Flip.id, Rafi Putra Arriyan menjelaskan, kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi kirim uang secara daring terus mengalami peningkatan. “Selain itu, pandemi juga membuat banyak orang memperketat pengeluaran mereka, sehingga layanan transfer antarbank gratis yang ditawarkan oleh Flip.id bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi pengeluaran,” ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan transfer antarbank dari masyarakat yang kian meningkat, Flip.id kini menggandeng PT Bank DBS Indonesia sebagai mitra. Solusi teknologi yang dimiliki PT Bank DBS Indonesia, yaitu DBS Rapid memungkinkan Flip.id untuk menjalankan proses transfer antarbank bagi nasabahnya dengan lancar dan tanpa hambatan. 

DBS Rapid mengintegrasikan pemrosesan secara real time terkait pembayaran, dan mempermudah transaksi bisnis di jaringan. Pemenuhan transaksi real time ini tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga memberikan pengalaman dan menempatkan nasabah korporasi PT Bank DBS Indonesia sebagai pemimpin pasar di industrinya. 

Melalui layanan perbankan korporasi DBS Rapid, PT Bank DBS Indonesia juga memungkinkan nasabah korporasinya untuk dapat mengubah alur kerja operasionalnya menjadi digital dengan proses yang lancar tanpa hambatan. “DBS Rapid memungkinkan koneksi langsung antara sistem Flip.id dengan sistem PT Bank DBS Indonesia. Sehingga Flip.id dapat memberikan instruksi untuk transaksi langsung dari sistem mereka tanpa harus melakukan login ke portal internet banking,” ujar Husin Hartono selaku Head of Sales Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia. 

Dengan prinsip yang sama-sama ingin berkontribusi terhadap masyarakat, PT Bank DBS Indonesia dan Flip.id berharap dapat meringankan beban masyarakat serta memberikan kemudahan, kelancaran dan keamanan dalam mengirim dan menerima uang. Dengan adanya kerja sama ini, Flip.id dan PT Bank DBS Indonesia memungkinkan masyarakat melakukan transfer antarbank, secara daring. Selain itu, pengguna aplikasi Flip.id kini dapat melakukan transfer bebas biaya dari atau ke PT Bank DBS Indonesia. 

Di sisi lain, pelaku bisnis mikro pun dapat terbantu dengan layanan transfer bebas biaya antarbank melalui aplikasi Flip.id. Pelaku bisnis mikro dapat menghemat pengeluaran operasional saat harus melakukan transaksi kirim uang ke supplier maupun konsumen. 

 
Pandemi membuat banyak orang memperketat pengeluaran dn transaksi kirim uang secara daring makin dibutuhkan. 
Rafi Putra Arriyan, CEO Flip.id
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat