Petugas sisi udara mempersiapkan pesawat sebelum terbang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten beberapa waktu lalu. | MUHAMMAD IQBAL/ANTARA FOTO

Ekonomi

Lalu Lintas Bandara Meningkat

Sektor pariwisata diperkirakan meningkat pada kuartal IV 2020.

 

JAKARTA – Lalu lintas penerbangan di 19 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) sepanjang Oktober 2020 mengalami peningkatan. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, pada periode tersebut jumlah penumpang di 19 bandara mencapai 2,14 juta orang.

“Peningkatan penumpang ini melonjak sekitar 19 persen dibandingkan 1-30 September yang sebanyak 1,79 juta orang,” kata Awaluddin, Selasa (3/11).

Sejalan dengan kenaikan jumlah penumpang, Awaluddin mengatakan, pergerakan pesawat juga meningkat 10 persen dibandingkan September 2020. Pergerakan pesawat di 19 bandara AP II pada Oktober 2020 menjadi 26.304 penerbangan dari bulan sebelumnya hanya 23.879 penerbangan. Khusus di Bandara Soekarno-Hatta, Awaluddin mengatakan, jumlah penumpang sepanjang Oktober 2020 tercatat 1,25 juta penumpang.

“Angka ini melambung 20 persen dari September 2020. Adapun jumlah penerbangan naik 12 persen menjadi 15.537 penerbangan,” ungkap Awaluddin.

Dia menilai kenaikan jumlah penumpang dan penerbangan tersebut dipengaruhi keyakinan masyarakat terhadap protokol kesehatan di bandara-bandara yang dikelola AP II. Awaluddin mengatakan, melalui protokol kesehatan dan konsep biosafety dan biosecurity management, AP II berupaya memastikan kesehatan penumpang dan staf bandara. Di samping itu, hal tersebut bertujuan menjaga agar lingkungan di bandara tetap sehat.

“Tujuan utama dari protokol kesehatan yang kami terapkan adalah membuat bandara aman, sehat, dan higienis sehingga sektor penerbangan dapat optimal mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN),” kata Awaluddin.

AP II memperkirakan lalu lintas penerbangan internasional juga akan segera meningkat. Awaluddin mengatakan, peningkatan tersebut diprediksi terjadi pada dua bulan terakhir tahun ini, yakni November dan Desember.

“Kebangkitan rute internasional salah satunya terkait dengan sudah dibukanya penerbangan umrah mulai 1 November 2020,” kata Awaluddin.

Awaluddin mengatakan, dibukanya kesempatan WNI untuk beribadah umrah merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan kepada Indonesia. Dia memastikan AP II berkomitmen menjaga kepercayaan tersebut dengan kelancaran proses keberangkatan, kedatangan, dan penerapan protokol kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta. Dia menambahkan, secara kumulatif pada Januari hingga Oktober 2020 jumlah penumpang di seluruh bandara AP II sebanyak 29,44 juta orang.

“Sepanjang 2020, di tengah melandanya pandemi ini, jumlah penumpang di bandara AP II diperkirakan mencapai 35 juta hingga 40 juta penumpang,” ungkap Awaluddin.

photo
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri) didampingi Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kiri) meninjau langsung arus balik libur panjang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Ahad (1/11). Menhub memberikan apresiasi kepada Angkasa Pura II selaku pengelola bandara Soekarno Hatta dan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno Hatta dan pihak terkait dalam melayani penumpang pesawat saat libur panjang di masa pandemi Covid-19 - (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Di sisi lain, Awaluddin menilai kebijakan pemerintah memberikan stimulus pembebasan passenger service charge (PSC) merupakan faktor lain yang mendorong meningkatnya lalu lintas penerbangan pada Oktober 2020. Lewat stimulus ini, penumpang pesawat tidak perlu membayar PSC untuk penerbangan domestik di lima bandara AP II sehingga harga tiket penerbangan dapat lebih rendah.

Seiring dengan lalu lintas penerbangan yang mulai menggeliat kembali, pemulihan industri pariwisata juga diperkirakan mengalami hal serupa. Platform online travel agent Tiket.com memperkirakan industri pariwisata bisa mengalami titik balik pada kuartal IV tahun ini dari dampak pandemi.

“Ini (kuartal empat) menjadi kuartal yang menentukan apakah industri pariwisata akan balik lagi seperti sebelum pandemi Covid-19,” kata Co-Founder and CMO Tiket.com Gaery Undarsa.

Tiket.com mencatat, peningkatan penjualan untuk tiket penerbangan dan hotel pada kuartal III 2020 melonjak 60 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Dia menuturkan, akan ada banyak destinasi baru yang naik daun pada akhir 2020. Menurut Gaery, lonjakan tersebut sudah mulai terasa sejak libur panjang akhir pekan lalu.

“Yang pulih lebih dahulu adalah destinasi yang bisa dijangkau jalan darat,” tutur Gaery.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat