Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu. | ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Ekonomi

Erick: Peran Akuntan Dorong Pemulihan BUMN

Integritas laporan keuangan penting untuk membangun kepercayaan investor.

JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, akuntan memiliki peran besar dalam membangun transparansi dan akuntabilitas keuangan, termasuk terhadap BUMN. Erick menilai, akuntan juga dapat berperan besar dalam membantu pemulihan BUMN yang terdampak pandemi Covid-19 saat ini.

"Selama pandemi hanya 10 persen BUMN yang positif yaitu sektor digital, telekomunikasi, kesehatan, dan perkebunan. Sementara sisanya sangat berat," ucap Erick Erick dalam sambutan pembuka Webinar Series "Global Accountant Edition" dalam bagian dari rangkaian kegiatan Aspiring Professional Accountant Festival (APAFest) 2020 yang diselenggarakan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) secara virtual pada Rabu (28/10).

Oleh karenanya, Erick meminta BUMN untuk melakukan transformasi dalam menghadapi kondisi tersebut. Menurut Erick, transformasi yang maksimal memerlukan informasi berkualitas tinggi untuk memahami dampaknya bagi masyarakat dan lingkungan dengan menjaga integritas laporan keuangan yang merupakan tanggung jawab para akuntan.

"Ini penting sekali untuk membangun kepercayaan investor dan secara langsung berdampak pada terciptanya GCG (good corporate governance) sehingga memudahkan dapat pendanaan," lanjut Erick.

Erick mengatakan, profesi akuntan tidak hanya terkait dalam penyelenggaraan laporan keuangan semata, namun juga memiliki peran lebih strategis. Erick mendorong para akuntan untuk bekerja secara profesional yang akan meningkatkan kredibilitas.

Erick menyebut akuntan juga harus mampu mengevaluasi dan mengkomunikasi kinerja perushaan serta memiliki pemahaman akan model bisnis dan kemampuan untuk merelevansikan pengembangan bisnis yang akan tejadi di masa mendatang.

"Kualitas pelaporan keuangan sangat penting untuk terciptanya transparansi dan akuntabilitas keuangan di perusahaan-perusahaan BUMN," ucap Erick.

Erick menyebut sudah banyak BUMN yang saat ini menerapkan e-procurement yang bertujuan meningkatkan transparansi, akuntabilitas, sekaligus mendukung monitoring dan audit. Kata Erick, dengan kualitas pelaporan keuangan yang baik maka akan terlihat kinerja perusahaan BUMN apakah telah sesuai dengan program dalam menimplementasikan sinergi dan stategi yang diformulasikan untuk mencapai tujuan perusahaan

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat